Musim Penghujan, Waspada Kebakaran

32
0

LEAD.co.id | Musim penghujan rentan bencana, termasuk kebakaran yang siap melanda. Namun, sangat berbeda dengan kebakaran di musim kemarau yang mayoritas terjadi kebakaran lahan, baik itu di wilayah Kota Bogor Jawa Barat.

Kebakaran pada kemarau panjang ini, mencapai di angka 100 kejadian yang terjadi di beberapa wilayah di Kota Bogor, meski demikian, Petugas Pemadam Kebakaran selalu standby untuk berjibaku melawan si jago merah yang selalu menghantuinya.

“Kalau musim kemarau hampir enam bulan terakhirnya, bencana kebakaran lumayan banyak bisa mencapai 100 kejadian, rata-rata yang yerbakarnya itu lahan atau tumpukan sampah, ” kata Kepala Bidang Pemadam Kebakaran Marse Hendra Saputera, kepada wartawan, Selasa (8/10/2019).

Baca :  Marak Penderita ISPA, Dompet Dhuafa Buka Layanan Safe House Hingga Mobile Klinik

Menurutnya, bencana yang terjadi pada musim kemarau sangat berbeda dengan musim penghujan, hal ini, harus diwaspada oleh masyatakat ketika masuk musim hujan. “Namanya bencana itu harus di waspadai, namun, analisa saya dan pengalaman, ketkka sudah kemarau masuk musim hujan, biasanya yang terjadi bencana kebakaran ada di pemukiman warga,” kata dia.

Guna mengjindari bencana ini, kata dia, masyarakat harus selalu melakukan pengecekan di dalam rumah, misalnya, adanya kebocoran yang salah satunya bisa menyebabkan kebakaran secara tiba-tiba.

“Kalau bocor atap rumah, terus netes ke aliran listrik, ini bisa menyebabkan kebakaran dan itu memang pernah terjadi pada musim hujan,” ujar dia.

Baca :  BEM UNMUS Galang Dana Untuk Korban Kebakaran Asgon

Ia berharap, kepada masyarakat Kota Bogor pada musim hujan ini, harus waspada di musim penghujan yang diprediksi akan terjadi pada pertengahan bulan ini. “Kalau prediksi musim hujan di pertengahan bulan, dan ini sudah di sampaikan oleh BMKG, waspda tetap dan jika terjadi cepar melaporkan ke petugas pemadam kebakaran,” pungkas dia. (Wan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here