Panwascam Ciawi : 17 April Tidak Ada Kendala

0

LEAD.co.id | Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Ciawi bersama Pengawas Kelurahan Desa (PKD) gelar Bimbingan Teknis (Bimtek) dan Pemantapan kapasitas pengawas di tiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) se-Desa Bendungan dan Ciawi. Kegiatan yang di ikuti oleh 64 orang ini terdiri dari 38 TPS Bendungan dan 26 TPS Ciawi, berlangsung sejak pagi hari (03/04) ini berlokasi di Aula Desa Bendungan, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor.

Dalam paparannya menjelang pesta demokrasi ini Panwascam Ciawi menjelaskan kaitan dengan tugas, wewenang dan kewajiban pengawas TPS sekaligus mensosialisasikan aplikasi Sistem Pengawasan Pemilihan Umum (Siwaslu).

Baca :  Bikin Resah, Kajian Dampak Summarecon Bogor Dipertanyakan

Saat ditemui seusai kegiatan, Syarif Hasan Alatas selaku anggota Komisioner Panwascam Ciawi menuturkan, di tahun ini Bawaslu RI Melalui Bawaslu Kabupaten/ Kota dalam menjalakan pengawasan sebelum dan sesudah pengumutan suara menggunakan aplikasi Siwaslu.

“Nantinya para pengawas TPS tersebut, mengabadikan setiap kerja pengawasan dari mulai pengawasan masa tenang hingga selesai penghitungan suara melalui sistem aplikasi. Informasi itu dilaporkan secara berjenjang dari tiap TPS ke Bawaslu, melalui Kecamatan – Kabupaten/ Kota – Provinsi – hingga pusat,” tuturnya.

Saat ditanyakan terkait kendala, Hasan menyampaikan, tidak ada kendala dan siap untuk menyambut pemilu serentak 17 April nanti. Namun, yang menjadi tantangan di lapangan saat ini yakni kesiapan aplikasi Siwaslu itu sendiri.

Baca :  Pengunjung Keluhkan Bobroknya Pengelolaan Wisata Alam Gunung Pancar

“Kita berharapnya tidak ada kendala sampai pelaksanaan, SDM ditiap desa pun sudah di sosialisasikan dan yakin mampu menguasai secara materi ketika menjalankan tugasnya dengan aplikasi Siwaslu,” pungkasnya.

Siwaslu sendiri merupakan aplikasi teranyar Bawaslu RI yang bertujuan untuk memaksimalkan pengkajian data dan informasi serta mempermudah pengambilan keputusan oleh pengawas pemilu untuk meningkatkan kinerja pengawasan pemilu, serta memenuhi kebutuhan proses pelaporan dan pelayanan informasi terkini dalam proses pengawasan pemilu 2019. (AP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here