Paku Alam X: HMI Menjadi Organisasi Persatuan Antar Anak Bangsa

0

LEAD.co.id | Keluarga Besar Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) gelar Pidato Kebangsaan HMI di Pendopo Bangsal Kepatihan, Kompleks Kantor Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Minggu, (31/03). Melihat kondisi bangsa Indonesia yang marak dengan isu-isu radikalisme dan intoleransi, kegiatan ini menjadi pemersatu dan penguat dari segala bentuk perbedaan yang mengancam perpecahan.

Hadir sebagai keynote speaker Wakil Gubernur DIY, Sri Paduka Paku Alam X, dan membacakan teks pidato Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X. Turut hadir Dr. Hj. Siti Ruhaini Dzuhayatin, M.A, Staf khusus Presiden bidang keagamaan Internasional, Drs. Suwarsono Muhammad, M.A, Penasehat KPK 2013-2015, Ketua Yayasan Badan Wakaf UII, Dr. Senawi, M.P, Dirmawa UGM 2012-2017, Lurah Kemahasiswaan Nasional 2013-2017, Prof. Dr. Ajat Sudrajat, M.Ag, dan Dosen Pascsarjana UNY.

Baca :  Bantu Korban Bencana, HMI Kota Bogor Terjunkan Corp Mahasiswa

Dalam pidatonya, Paku Alam X menyampaikan, di tengah dinamika bangsa jelang Pemilu 2019, sikap perselisihan, ujaran kebencian hingga hoaks hampir menjadi sesuatu yang kerap mewarnai dunia nyata maupun maya.

“Di tengah situasi tersebut saya berharap HMI berperan menjadi organisasi yang bisa terus menjaga persatuan antar anak bangsa. HMI juga dapat membawa Islam menjadi rahmatan lil alamin. Sehingga, dengan persatuan tersebut Indonesia semakin menjadi negara besar yang matang menatap kemajuan zaman,”  ungkap Paku Alam X yang juga sebagai Adipati Kadipaten Pakualaman.

Sementara itu, Wahyu Rezky sebagai Ketua Panitia Pelaksana menjelaskan, latar belakang diadakannya Pidato Kebangsaan ini. Ia menganggap Yogyakarta masuk dalam daftar kota yang memiliki potensi konflik pemilu 2019, selain itu, kerap isu-isu hoax yang banyak mengancam perpecaan antar sesama.

Baca :  Indikasi Raport Merah, Kelompok Cipayung Plus Geruduk DPRD dan Bupati Cianjur

“Kegiatan ini sebagai penengah dan pemersatu diantara beberapa perbedaan. Kita khawatir, dan kita tidak mau Yogyakarta yang dikenal dengan kota yang nyaman, apalagi bangsa Indonesia, jiwa dan ragapun kita akan berikan bagi bangsa ini. Insya Allah jangan ragukan militansi kader HMI,” tegasnya.

Mantan pengurus KOHATI Cabang Yogyakarta itu juga menyampaikan banyak terima kasih kepada seluruh elemen yang ikut andil dalam suksesi acara ini. Dirinya pun berkomitemen untuk tetap mengawal bangsa ini dalam pesta demokrasi 2019.

“Pastinya kita akan kawal, Sri Paduka Paku Alam X juga sudah berpesan kepada kader-kader HMI, untuk tetap menjaga persatuan. Tanpa dipesanpun kita akan tetap kawal pesta demokrasi 2019 ini,” tangkasnya. (Sgt/AP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here