Pemerintah Tetapkan PSBB untuk Wilayah Bodebek

0
PSBB, Covid-19, Bodebek
Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19

LEAD.co.id | Pemerintah menetapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Wilayah Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kota Depok, Kabupaten Bekasi, dan Kota Bekasi (Bodetabek) melalui surat keputusan Mentari Kesehatan (Menkes) Republik Indonesia (RI) Nomor HK.07.01/ MENKES/ 248/ 2020, tertanggal 11 April 2020. Penetapan PSBB ini dalam rangka percepatan penanganan Covid-19 di wilayah Bodetabek.

Keputusan yang ditandatangani Menkes Terawan Agus Putranto tersebut, setelah menimbang bahwa, data yang ada menunjukkan telah terjadi peningkatan dan penyebaran kasus coronavirus disease 2019 (COVID-19) yanh signifikan dan cepat serta diiringi kejadian transmisi lokal di wilayah Bodetabek.

Baca :  Angka Pasien Covid-19 di Indonesia Sembuh 30 Persen

Sebelumnya, Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat mengajukan penetapan PSBB untuk Wilayah Bodebek secara bersamaan, kepada Menteri Kesehatan RI, tertanggal 9 April 2020.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, wilayah Bodebek harus satu klaster dengan DKI Jakarta. Sebab, data menunjukkan secara nasional 70 persen COVID-19 persebarannya ada di wilayah Jabodetabek.

“Ini mengindikasikan kita ingin satu frekuensi kebijakan dengan DKI Jakarta karena data menunjukkan secara nasional 70 persen COVID-19 persebarannya ada di wilayah Jabodetabek,” katanya.

Oleh karena itu, kata dia, apapun kebijakan DKI Jakarta harus diikuti oleh Bodebek. Selain itu Bodebek juga nantinya bisa memberi masukan yang bisa dipertimbangkan oleh DKI Jakarta.

Baca :  PARMUSI Kota Bogor Siap Distribusikan Beras untuk Marbot dan Guru Ngaji

Sumber: Kemenkes/Humas Jabar
Editor : Aru Prayogi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here