PMP Bergulir, PPJ Siap Bangun Sejumlah Pasar

0
PMP, Perumda, PPJ, Pasar
Muzakkir, Direktur Utama Perumda Pasar Pakuan Jaya (PPJ) Kota Bogor [File: Media Bogor]

LEAD.co.id | Perumda Pasar Pakuan Jaya (PPJ) membeberkan tujuan Penyertaan Modal Pemerintah (PMP) untuk meningkatkan kesejahteraan para pedagang serta pelayanan pasar. Raperda PMP tersebut kini masih dalam proses penilaian aset oleh appraisal dari Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL).

“Perhitungan appraisal dari KPKNL lembaga di bawah Kementerian Keuangan sudah berjalan. Kami juga kerjasama dengan BKAD Kota Bogor berikut perapihan sertifikasi asset berjalan,” ungkap Dirut Perumda PPJ Muzakkir melalui keterangan pers, pada Minggu (10/1/2021).

Dia mengatakan, siap membangun beberapa pasar di Kota Bogor apabila PMP bergulir telah disetujui. Pasar yang perlu dibangun diantaranya pasar Cumpok, Tanah Baru, Warung jambu, Sukasari dan Merdeka. Selain itu, upaya optimalisasi pasar Pamoyanan, Taman Kencana, serta Devries.

Baca :  Hadapi Tahun Ajaran Baru 2020/2021, SMAN 2 Bogor Rancang Skenario KBM Secara PPJ

“Jadi asset dan dana anggaran Rp. 50 miliar untuk PMP. Untuk mengelola Pasar Teknik Umum (TU), kami masih menunggu tim Pemkot Bogor dan Forkopimda. Secara prinsip kami siap,” tambahnya.

Menurutnya, selain untuk memaksimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), PMP juga bertujuan untuk meningkatkan marwah, harkat dan martabat para pedagang, serta meningkatkan pelayanan pasar dan pengembangan perusahaan daerah.

Terkait penilaian aset yang menjadi pertimbangan DPRD, Kepala Bagian Hukum dan HAM Setda Kota Bogor, Alma Wiranta menyampaikan bahwa, beberapa item aset Barang Milik Daerah (BMD) mengalami perubahan sehingga dilakukan penilaian ulang oleh pihak KPKN. Hal itu untuk mendapatkan nilai kewajaran terhadap tanah dan bangunan yang akan disertakan untuk modal.

Baca :  Pemkot Bogor Minta Tindak Tegas Pungli di Pasar Sukasari

“Penilaian ini tujuannya adalah mendapatkan nilai kewajaran terhadap tanah dan bangunan yang akan disertakan modal, dan semua itu akan menjadi pertimbangan Pansus DPRD Kota Bogor,” terangnya.

Reporter: Herawati Nurliah
Editor: Aru Prayogi
Sumber: Media Bogor

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here