Ratusan PKL Pedati dan Lawang Saketeng Direlokasi ke Dalam Pasar

0
Relokasi, PKL, Pasar
Wali Kota Bogor, Bima Arya memimpin penertiban dan pembersihan sisa PKL Jalan Pedati dan Jalan Lawang Saketeng, Kota Bogor, Selasa (26/5/2020)

LEAD.co.id | Sebanyak 200 personel gabungan melakukan penertiban dan pembersihan sisa lapak Pedagang Kaki Lima (PKL) di ruas Jalan Pedati dan Jalan Lawang Saketeng, Kelurahan Gudang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Selasa (26/5/2020). Ada 696 PKL yang direlokasi masuk ke dalam pasar.

Dirut Perumda Pasar Pakuan Jaya (PPJ) Kota Bogor, Muzakkir, menyebutkan, total PKL Pedati dan Lawang Saketeng yang dipindahkan berjumlah 696 PKL. Pihaknya telah menyediakan tempat sebanyak 473 di lantai 3 dan sisanya tersebar di lantai lain menyesuaikan komoditi masing-masing.

“Insya Allah sebanyak 696 PKL dapat tertampung semua di dalam pasar,” kata Muzakkir.

Mengenai pembayarannya, Muzakir menjelaskan, untuk sementara 696 PKL yang dipindahkan hanya akan dikenai tarif kebersihan dan keamanan sebesar Rp 150 ribu per bulan yang pembayarannya bisa diangsur atau dicicil setiap hari.
“Jadi, dibanding mereka jualan di jalan yang besar pungutannya sehari hingga Rp 50 ribu, jualan di dalam pasar jauh lebih murah,” katanya.

Baca :  Pembangunan Selesai, PD PPJ Resmikan Blok G Pasar Kebon Kembang

Dirinya menegaskan, Perumda PPJ Kota Bogor siap menegakkan aturan bersama OPD terkait, kepolisian dan TNI, sehingga kedepan tidak ada lagi yang berjualan di jalan.

Sementara, untuk sewa loss yang ditempati 696 PKL Lawang Saketeng dan Pedati, pihaknya berencana akan menagih pada bulan kedua.”Untuk saat ini yang penting mereka masuk dulu,” kata Muzakkir.

Kepala DLH Kota Bogor, Deni Wismanto, mengatakan, pihaknya menerjunkan seluruh armada angkutan yang dimiliki guna mendukung penertiban dan pembersihan lapak-lapak PKL. Kurang lebih ada 120 armada, sebagian diantaranya melaksanakan tugas pengangkutan pagi hari terlebih dahulu.
“Setelah selesai, mereka bergabung ke Suryakencana. Demikian juga petugas lain, setelah selesai akan ikut bergabung,” katanya.

Baca :  Pemkot Bogor Minta Tindak Tegas Pungli di Pasar Sukasari

Selain armada angkutan, DLH Kota Bogor menyiapkan 2 traktor pengangkut sampah dan puluhan petugas kebersihan. Adapun daya angkut armada yang ada, rata-rata 15 kubik.

Pada kesempatan tersebut, Deni juga menyampaikan, total sampah yang diangkut jajarannya mulai malam takbiran hingga Idul Fitri kurang lebih berjumlah 1.800 meter kubik sampah yang berhasil diangkut 120 armada.
“Hingga hari ini, armada yang ada kita optimalkan dan kita kerahkan, termasuk para personelnya,” kata Deni.

Dalam kegiatan ini, Wali Kota Bogor, Bima Arya secara langsung memimpin penertiban yang diawali apel. Nampak beberapa kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) diantaranya Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Deni Wismanto, Kepala Dinas PUPR Chusnul Rozaqi, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Samson Purba, Kasatpol PP, Agustian Syah, Kepala Dishub Eko Prabowo dan Dirut Perumda PPJ Muzakkir serta aparatur wilayah setempat.

Baca :  Penertiban Jalan Dewi Sartika Diwarnai Tangisan Para PKL

Sumber: Prokompim
Reporter: Jhonie
Editor: Aru Prayogi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here