PPNI RSCM dan DD Sosialisasi PHBS bagi Pasien Rumah Singgah

0
PPNI, Perawat, RSCM, Dompet Dhuafa, Penyuluhan, PHBS, Pasien, Rumah Singgah
Dompet Dhuafa melakukan penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, di Shelter Sehati, pada Sabtu (20/3/2021)

LEAD.co.id | Dompet Dhuafa melakukan penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), di Shelter Sehati, Kelurahan Batu Ampar, Kacamatan Kramat Jati, Jakarta Timur, pada Sabtu (20/3/2021). Acara ini dalam rangka peringatan Hari Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Tahun 2021.

Penyuluhan ini bekerja sama antara Dompet Dhuafa dengan PPNI Komisariat RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta yang dihadiri oleh belasan Pasien Rumah Singgah binaan Dompet Dhuafa yang bermukim di Shelter Sehati, Kramat Jati, Jakarta Timur.

Selain penyuluhan, belasan anggota PPNI RSCM pun mengadakan cek gula darah, tensi, dan rapid test yang diikuti oleh pasien shelter dengan menjaga protokol kesehatan (Prokes) untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Baca :  RST DD Berbagi Sarapan Pagi ke Para Pasien

Para pasien menerima penyuluhan dari Lilis Rayatin selaku Kepala Bidang Pelayanan Keperawatan RS Cipto Mangunkusumo. Lilis menyampaikan pentingnya menjaga perilku hidup sehat di masa pandemi ini.

Selain itu, materi sosialisasi protokol kesehatan dan vaksinasi Covid-19 pun turut disampaikan. Lilis mengapresiasi adanya Shelter Sehati ini dan berharap bisa terus membantu banyak pasien baik di Jabodetabek maupun daerah lainnya.

“Menurut saya bagus sekali adanya Shelter pasien ini, tempatnya nyaman dan membantu pasien dari jauh mendapat tempat menginap. Semoga bisa terus membantu banyak pasien baik di luar maupun dalam Jabodetabek yah”, ujar Lilis.

Baca :  Kelompok 11 & 12 KKN UIKA Sosialisasikan PHBS

Shelter Sehati merupakan program Dompet Dhuafa yang bertujuan memberi hunian sementara atau rumah singgah yang layak untuk pasien dan pendamping selama menjalani pengobatan di Jakarta. Sebagian besar penghuni berasal dari luar Jakarta.

Dalam momen HPN ini, pihak Dompet Dhuafa menyatkan bersinergi dengan PPNI RSCM agar dapat silaturahmi dengan pasien yang mayoritas adalah pasien di RSCM.

Moh Awaluddin Asjar, Kepala LPM Dompet Dhuafa mengungkapkan bahwa, Shelter Sehati hadir bagi pasien yang membutuhkan rumah singgah sementara selama berobat. Pihaknya mengaku memberikan bimbingan dan penyuluhan bagi mereka.

Baca :  Terlantarkan Pasien hingga Meninggal, GPI Minta Izin RS Melania Dicabut

“Shelter Sehati hadir untuk pasien yang membutuhkan rumah singgah sementara selama berobat, selain itu kami berikan bimbingan dan penyuluhan juga,” ujar Moh Awaluddin.

Reporter: Jhonie Arya
Editor: Aru Prayogi
Sumber: Humas DD

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here