RY Ditetapkan tersangka, LPKP Sebut KPK Politis

0

LEAD.co.id | Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali menetapkan mantan Bupati Bogor Rahmat Yasin (RY) dalam kasus korupsi dan gratifikasi. Atas hal itu, Lembaga Pemerhati Kebijakan Pemerintah (LPKP) menuding penetatapan RY sebagai tersangka oleh pihak KPK bernuansa politik.

“Apalagi penetapan ini sangatlah menjadi pertanyaan bagi semua kalangan. Kenapa gak kemarin saja pas persidangan nya. Ini yang menjadi apakah KPK bernuansa politik,” ungkap Direktur eksekutif LPKP, Rahmatullah kepada redaksi LEAD.co.id, Kamis (27/6/2019).

Rahmatullah mengaku kaget atas penetapan tersangka kepada RY. Pihaknya juga mengaku banyak masyarakat Bogor yang terpukul dengan musibah ini.

Baca :  BMH Ungkap Dugaan Korupsi di PDAM Kabupaten Bogor

RY diketahui mendapat cuti menjelang bebas (CMB). Namun, tiba tiba RY yang sedang menikmati suasana kehangatan dengan keluarganya di tetapkan lagi sebagai tersangka oleh KPK.

Hal itu kata Rahmat, selain dekat, RY sangatlah besar kontribusinya dalam pembangunan Bogor. “Jadi, jangan karna banyak kabar RY menjadi tersangka, kita lupa akan jasa nya yang sangat besar itu terhadap masyarakat bogor,” keluhnya.

Atas hal itu, Rahmat menghimbau agar semua pihak menghormati proses hukum, dan pasrah kepada Allah SWT agar diberikan yang terbaik untuk Rachmat Yasin. Selain itu, dirinya juga meyakini RY pasti sabar menghadapi cobaan tersebut. “Kulil haqqo walau kanaa murron,” ujar Rahmatullah.

Baca :  Tuntaskan Korupsi KPU, FRR Bakar Ban di Kejari Kota Bogor

Sebelumnya, KPK kembali menetapkan mantan Bupati Bogor Rahmat Yasin (RY) dalam kasus korupsi dan gratifikasi. “RY menyatakan kepada para Kepala Dinas untuk membantunya. Maksudnya, RY meminta setiap SKPD menyetor sejumlah dana,” kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Gedung KPK, Selasa (25/6/2019).

RY, yang divonis lima tahun enam bulan dalam kasus suap tukar guling kawasan hutan PT Bukit Jonggol Asri itu kembali dijerat kasus ‘setoran’ dana dinas pemda diduga untuk kepentingan pemilu. KPK mengakui penetapan tersangka RY, yang baru saja bebas sebulan lalu demi optimalisasi pemulihan aset negara. (AP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here