Sambangi ESDM RI, Forkom Sultra Jakarta Minta IUP PT GKP Dicabut

0

LEAD.co.id | Puluhan Masa Aksi yang tergabung dalam Forum Komunikasi Mahasiswa Sulawesi Tenggara Jakarta (Forkom-Sultra-J) menyambangi Kementerian Energi Sumber Daya Mineral Republik Indonesia (ESDM RI), Senin (5/8/2019).

Kedatangan mereka di ESDM untuk meminta Kementerian untuk Mencabut Izin Usaha Produksi (IUP) PT. Gema Kreasi Perdana (GKP) yang dilakukan di pulau Wawoni.

Presedium Forkom Sultra-J, La Saharudin mendesak Kementrian ESDM RI, untuk segera memberikan Sanksi kepada PT. GKP atas sejumlah pelanggaran yang telah dilakukan.

“Kami meminta dan mendesak Menteri ESDM, untuk segera memberikan sanksi Pencabutan IUP PT. Gema Kreasi Perdana (GKP) karena melakukan penambangan diatas Kejahatan Lingkungan dan penyerobotan lahan”, ucapnya.

Baca :  Diskusi Publik: Fikom UNPI Bahas Peran Pers Mahasiswa

Kepala Subbagian Informasi Hukum Kementerian ESDM, Fahri Aryati saat menerima masa aksi mengatakan bahwa masalah pertambangan di Konawe Kepulauan seperti PT. GKP sudah menjadi diskusi lintas kementerian seperti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kementerian Kehutanan Republik Indonesia (KLHK RI) serta Kementerian Perikanan dan Kelautan (KKP) mereka berkomitmen akan terus mengevaluasi dokumen-dokumen pertambangan di Konawe Kepulauan termaksud IUP PT. GKP.

“Kami akan mencoba mengevaluasi dokumen-dokumennya, jika pada evaluasi ditemukan dan terbukti maka akan mengarah pada pencabutan izin usaha prosuksi,” ujar bu Ari panggilan akrab Fahri Aryati.

Baca :  Wabup Pamekasan Sambut Empat Mahasiswa yang Kuliah di China

Berdasarkan hering di Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara, Forkom Sultra Jakarta sangat yakin bahwa Izin Usaha Produksi (IUP) PT. GKP bakal dicabut. (Dzl)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here