Strategi Diplomasi Perdagangan Indonesia di Tengah COVID-19

0
Webinar, Kemlu RI, Strategi, Diplomasi, Perdagangan
Webinar bertema “Towards a Stronger and Resilient Future: Strategi Diplomasi Perdagangan Indonesia di Tengah COVID-19”, pada 4 Juni 2020. (source: Rokom Kemlu RI)

LEAD.co.id | ​Kementerian Luar Negeri menyelenggarakan Webinar bertema “Towards a Stronger and Resilient Future: Strategi Diplomasi Perdagangan Indonesia di Tengah COVID-19”, pada 4 Juni 2020. Webinar ini bertujuan untuk mengubah tantangan menjadi peluang ekonomi di tengah pandemi COVID-19.

Wamenlu RI, Mahendra Siregar menyampaikan upaya-upaya Pemerintah Indonesia dalam menjaga kepentingan ekonomi Indonesia di tengah pandemi COVID-19.

“Never waste a crisis. Sebuah negara dapat dinilai maju dan memiliki resistensi yang tinggi apabila pemerintahnya tidah hanya dapat bertahan di tengah krisis, namun juga mampu memanfaatkan krisis untuk menjadi lebih kuat di masa mendatang,” tegas Mahendra.

Baca :  Strategi Terobosan PMB FEB Ubinawan Mutualis Program IKAPEKSI

Terkait kondisi perdagangan global saat ini, Wamenlu RI juga menjelaskan mengenai arti penting perubahan arus Global Value Chains (GVCs) bagi Indonesia sebagai akibat pandemi, guna membangun GVCs yang lebih berkelanjutan dan melepaskan ketergantungan pada negara lain. Salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan memanfaatkan keunggulan pasar dan demografi Indonesia untuk mendorong investasi dan perdagangan di sektor strategis.

Pemerintah Indonesia juga berupaya memaksimalkan peran sentral di ASEAN dan kawasan Indo-Pacific untuk membuka peluang di tengah gangguan yang terjadi saat ini. Sebagai penutup, Wamenlu RI mengapresiasi semangat para pembicara dalam mendorong perekonomian melalui perannya masing-masing dan mengimbau peserta webinar agar tetap optimis di masa pandemik ini.

Baca :  Presiden Ingin Fokus Diplomasi Ekonomi

Hadir sebagai pembicara, Hermawan Kertajaya selaku pakar pemasaran, dan Ardhanti Nurwidya, Public Policy & Government Relations Gojek yang mewakili Asosiasi E-Commerce Indonesia.

Webinar ini merupakan bagian dari Saga Multilateral Webinar Series Kementerian Luar Negeri RI, sebagai upaya diseminasi informasi diplomasi Indonesia kepada publik.​

Sumber: Rokom Kemlu RI
Reporter: Sally Sumeke
Editor: Aru Prayogi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here