Tingkatkan Kinerja, Puslatan Adakan Bimtek Sistem Manajemen Mutu (ISO)

0
Kapuslatan Ir. Bustanul Arifin Caya, M.D.M, saat Bimtek Sistem Manajemen Mutu, di Gedung Puslatan, Kementan, Kamis (18/4/2019).

LEAD.co.id | Dalam rangka meningkatkan lembaga, Pusat Pelatihan Pertanian (Puslatan) BPPSDMP Kementerian Pertanian mengadakan bimbingan teknis (Bimtek) Sistem Manajemen Mutu (ISO), yang diikuti oleh Pejabat Eselon 3 dan 4, beserta Staf Puslatan BPPSDMP.

“Penerapan ISO 9001:2015 di Pusat Pelatihan Pertanian BPPSDMP Kementerian Pertanian pasca sertifikasi harus dipertahankan secara konsisten dan dilakukan pemeliharaan dan peningkatan secara berkesinambungan,” ujar Kapuslatan, Kapuslatan Ir. Bustanul Arifin Caya, M.D.M, Kamis saat Bimtek Sistem Manajemen Mutu (ISO), di ruang Catur Gatra BPPSDMP Kementan, Kamis (18/4).

Menurutnya, setelah Bimtek ini diharapkan adanya peningkatan tertib administrasi dan dokumen, baik secara kualitas dan kuantitas, namun rendah temuan.

Baca :  10 Widyaiswara Kementan Mengikuti Sosialisasi e-Learning di LAN

Kapuslatan berharap, “Penerapan ISO 9001 : 2015, penerapan TUSI dan penerapan aktivitas dan aktualitas dalam bekerja semua diikuti sebaik-baiknya,”.

Menurutnya, sistem manajemen mutu yang telah teruji kesesuaiannya terhadap standar internasional harus mampu memberikan nilai tambah yang optimal bagi kepentingan pelanggan dan kepentingan internal yang mencakup peningkatan mutu pelayanan, peningkatan efisiensi, produktivitas, dan peningkatan kesadaran mutu pegawai.

Untuk diketahui, sesuai Peraturan Menteri Pertanian nomor 43/Permentan/OT.010/8/2015 Tahun 2015, Puslatan mempunyai tugas melaksanakan penyusunan kebijakan teknis, rencana dan pelaporan, serta pemantauan, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan keagiatan.

Baca :  Kunjungi P4S Tranggulasi, Kapuslatan Himbau Tingkatkan Kompetensi

Sedangkan fungsi Puslatan adalah, (1) menyusun kebijakan teknis, rencana, program, dan kerja sama, serta pemantauan, evaluasi dan pelaporan penyelenggaraan pelatihan pertanian ; (2) menyusun norma, standar, prosedur, dan kriteria di bidang pelatihan pertanian; (3) pemberian bimbingan teknis dan supervisi di bidang pelatihan pertanian ; (4) pelaksanaan penyelenggaraan pelatihan pertanian; (5) pelaksanaan pengembangan kelembagaan dan ketenagaan pendidikan pertanian ; (6) penyusunan dan pengembangan standarisasi dan sertifikasi profesi pertanian.

Disamping itu, Puslatan mempunyai Visi, terwujudnya SDM Pertanian yang Profesional, mandiri dan berdayasaing melalui pelatihan dan sertifikasi profesi pertanian untuk mendukung kedaulatan pangan dan kesejahteraan petani. (Dzl)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here