‘Buku Putih’ Forkom IKKS untuk Bupati Kuansing Terpilih

0
Buku Putih, Forkom IKKS, Bupati, Kuansing
Penetapan nomor urut pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kuansing pada Pilkada Kuansing 2020, di kantor KPU Kuansing, Kamis (24/9/2020).

Oleh: Dr. Apendi Arsyad
(Dosen, Konsulan, dan pernah Ketum IKC Se Jabodetabek 2002-2019)

Oh ya.. saya setuju banget ide dan tanggapan dari bang Jusar di WAG kita ini.. kita harus mendekat (dokek) dgn personal Bupati dan Wakil Bupati Kuansing terpilih pada Pilkadal tgl 9 Desember 2020 yad ini, siapa pun orangnya yang dipilih rakyat sesuai norma dan kaidah hukum. Maksud dan tujuan Pimpinan IKKS bisa dekat, agar bisa mengkomunikasikan berbagai pandangan dan gagasan IKKS, serta bisa masuk dan menjadi kebijakan dan program Pemkab Kuansing, yg nantinya akan dioperasionalkan program-2 pembangunan bidang dan sektoral oleh OPD-2 (SKPD/dinas dan instansi) dan didukung dan melibatkan Ormas-2, termasuk LSM/NGO yg konsen dan punya komitmen untuk memajukan Nagori awak Rantau Kuansing, Riau.

Alhamdulillah, tadi pagi secara kebetulan, saya ditelepon oleh Sekum IKKS Pku/Om Arman LW.SE. Kami telah berbicara banyak (lk 1 jam) soal agenda Webinar/Focus Group Discusion (FGD) Forkom IKKS se Indonesia. Webinar/FGD Forkom IKKS sebagai wadah dan sarana efektif untuk brainstorming ide-2 cerdas dalam kontek pembangunam daerah telah berjalan terus, untuk itu saya mengusulkan agar segera dikompilasi menjadi sebuah dokumen “buku putih”, blue print pembangunan Kuansing. Ada buku putih kita berharap bisa berkontribusi untuk menunjukan dan mempertegas arah kebijakan (public policy), strategi dan sasaran (targeting) yang bisa dicapai Kunansing untuk waktu 5 tahun ke depan.

Baca :  Bupati Pamekasan Lantik PAW Kades Murtajih

Saya sudah memberikan saran juga kepada sahabat saya om Arman bersegeralah membentuk “Team Perumus” dokumen kumpulan aspirasi, catatan-2 dan pemikiran-2 (konsepsi) dari warga IKKS tersebut. Dalam kontek ini, saya melihat, di sekitar pengurus IKKS Pku tersedia sejumlah orang (cerdik pandai) yang sangat potensial bisa berpikir jernih, merangkum dan menuliskan pokok-2 pikiran Pembangunan Daerah Kuansing untuk periode tahun 2021-2026.

Saya berharap sejak sekarang draf “buku putih” sudah mulai digarap dengan serius, sehingga setelah Bapak Bupati dan Wabub Kuansing dilantik, Ketua IKKS Pku beserta jajarannya minta kesempatan untuk melakukan audiensi dengan bapak “Bupati anyar”. Mohon momentum ini dimanfaatkan sebaik-baiknya dan janganlah sampai terlewatkan. Saya melihat gerak gerik (gesture) pimpinan teras IKKS Pku cukup dekat dengan Pemkab Kuansing selama ini. Mudah-2an saja!.

Baca :  Berlarut-larutnya Permasalah DAS Kuansing Sebagai Bukti Negara Gagal

Saya sangat berharap materi “buku putih” bisa mewarnai dan diakomodasi dalam isi dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Kuansing 2021-2026. RPJMD Kuansing adalah penjabaran.dari visi, misi dan agenda pembangunan sebagai janji-2 politik Bupati terpilih sebagai pemimpin daerah kepada Rakyatnya.

Maaf tentang format RPJMD sebagai dokumen penting ini, saya ada pengetahuan dan pengalaman ‘sedikit’, kebetulan saya pernah terlibat pada beberapa daerah (Kab/kota) di Indonesia, saya membantu proses penyusunannya sebagai konsultan.

Untuk kelancaran tindak lanjut gagasan-2 yang baik dan cerdas dalam Webinar/FGD IKKS tersebut janganlah sampai “menguap” begitu saja, dan hilang ditelan bumi dan waktu, sayang “jerih payah” FGD para stakeholders kita. Oleh karena saya berharap kepada moderator Webinar IKKS adinda Dr.Apriyandinata dkk sudah mulai merangkum dan merumuskan hasil-diskusi para peserta dan makalah dari para narasumber.

Usulan penyusunan Rancangan (draf) “buku putih” Forkom IKKS terdiri dari beberapa Bagian/Bab (Chapters) dengan outline sbb:

1. Kata Pengantar by Koord Team Penyusun
2. Sambutan Ketum IKKS Pku
3. Daftar Isi
4. Daftar Lampiran (tabel, gambar, proses FGD dan makalah Webinar)

Baca :  Renungan Pagi: Menyongsong Pilkada Kuansing

Bab I. Pendahuluan
1.1. Latar Belakang
1.2. Tujuan
1.3. Ruang Lingkup
Bab II. Profil dan Keragaan Kab.Kuansing
2.1. Potensi
2.2. Permasalahan
2 3. Analisis (Swoth)
Bab III. Pokok-Pokok Pikiran Forkom IKKS
3.1. Bidang Sos ekonomi
3.2. Bidang SosBudaya
3.3. Bidang SDA dan LH
3.4. Bidang Kamtibmas
3.5. Bidang Sospol, Pemerintaha, dan Pelayanan Publik
IV. Rekomendasi
V. Penutup
Daftar Pustaka
Lampiran-Lampiran
1. Tabel.dan Gambar
2. Proses Jalannya Webinar/ FGD per Topik Bahasan
3. Kumpulan makalah (yg ada) dari Narasumber Webinar.
Hal-2 yang saya sampaikan diatas, itu sebagai “pemantik” dari saya, silakan dibicarakan agenda penyusunan “buku putih” IKKS dalam forum Rapat Kerja (Raker) IKKS Pekanbaru, yang digelar besok Sabtu (28/11/2020).

Demikian dan terima kasih.
Basatu Nagori Maju..Tali Tigo Sapilin.. Salam Kayuah (go a head!). Sukron dan barakalah.
Wassalam

Judul asli: “Buku Putih” Forkom IKKS untuk Bupati Kuansing Terpilih, Pilbub 2020
Penulis: Dr.Ir.H.Apendi Aryad.MSi (Dosen, Konsultan, Pemerhati Sosial dan Aktifis di Ormas di Bogor dan Nasional)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here