Jelang Idul Fitri, PKL Dewi Sartika Ditertibkan

0
Jelang Idul Fitri, PKL Dewi Sartika Ditertibkan

LEAD.co.id | Polresta Bogor Kota bersama Satpol PP melakukan rekayasa lalu lintas dengan menertibkan Pedagang Kali Lima (PKL) di area Jalan Dewi Sartika, Kecamatan Bogor Tengah, pada Selasa (4/5/2021). Penertiban ini sebagai antisipasi pencegahan kerumunan di tengah covid-19 jelang Hari Raya Idul Fitri.

“Mengantisipasi membludaknya area Pasar Kebon Kembang, kita ada 5 rekomendasi untuk mengatur di sekitarnya. Dan memang sudah terlihat kepadatannya itu dari pagi  hingga sore hari semakin meningkat,  sehingga kami mengatur para pengunjung ini berdasarkan jam nya,”ujar Kapolresta Bogor Kota,Kombes Susatyo Purnomo Condro kepada media dilokasi Pasar Kebon Kembang.

Jadi menurut Susatyo, sejak pasar ini buka sampai jam 12 siang, pengaturannya masih diperbolehkan kendaraan pribadi untuk melintas atau masuk, kemudian mulai dari jam 12 sampai jam 17.00 wib sore yang bisa masuk ke pasar ini hanya kendaraan umum dan kendaraan online.

Baca :  Elemen Muslim di Bali Sambut Idul Fitri dengan Berbagai Kegiatan

“Kami berharap ada pembagian pengunjung tidak bersamaan di satu waktu misalnya di jam 14.00 wib sore, atau datang jam 14.00 wib siang sehingga mulai dari pagi sudah tertata sampai sore siapa yang datang sesuai kebutuhan nya. Selain itu supaya tidak ada angkot yang berkerumun atau ngetem, maka kami juga batasi sesuai protokol kesehatan setengah dari kapasitas yaitu sebanyak 5 orang tidak ada yang ngetem sampai kendaraan angkot nya penuh, lewat hanya menurunkan penumpang saja,” ungkapnya.

Pihaknya sudah mensosialisasikan sehingga baik itu pedagang serta pengunjung, kemudian kendaraan nya termasuk juru parkirnya semua. Ini akan terus dilakukan sosialisasi supaya menjelang nanti lebaran, yang diperkirakan di H-3 atau H-4 masyarakat Kota Bogor sudah tertata untuk mematuhi aturan-aturan yang diterapkan bersama satgas Covid-19.

Baca :  KAI Tertibkan Bangunan Liar Sekitar Rel Nambo - Cibinong

“Kita tidak ada penutupan, tapi ini hanya pengaturan atau pembatasan jadi tidak ada penutupan. Supaya dimensi ekonomi dan dimensi kesehatan harus beriringan, kami hanya mengatur supaya tidak rame di salah satu waktu saja. Pasar ini menjadi atensi dari satgas covid, semua di Enam Kecamatan Satgas Covid juga memonitor pusat-pusat perbelanjaan seperti di Pasar Bogor, BTM Mall, Botani Square dan semua akan kita monitor. Jika harus ada penutupan maka kami akan melakukan penutupan sementara sampai kosong,” harapnya.

Senada juga dikatakan Kasatpol PP Kota Bogor,Agustian Syah dilokasi penertiban ratusan PKL disepanjang Jalan Dewi Sartika, ini sebagai langkah antisipasi PKL musiman yang datang menjelang lebaran, dengan memaksimalkan personel di lapangan.

Baca :  Relokasi PKL, DPRD Pertimbangkan Hak Angket hingga Interpelasi

“Kami bersama Kapolresta Bogor Kota, menekankan serta menyampaikan saling berkolaborasi diantara personilnya personel dan termasuk dari Pihak Kodim 0606. Mengantisipasi kepadatan di malam takbiran nantinya, yang dimulai dari jembatan Merah sampai ke pasar anyar,” ucapnya.

Penjagaan dan pemantauan lokasi-lokasi yang memang sekiranya rawan pedagang baru musiman, sekiranya tidak bisa ditertibkan maka sama sama dengan kepolisian melakukan ketertiban di lokasi lokasi tersebut.

“Minimal antisipasi dari awal, misal mereka sudah memasang dari awal seperti ini,kita  menghindari kecolongan tapi sudah langsung tertibkan.Kalo mereka melanggar aturan yaa kita tertibkan dan personel yang kita siapkan disini ada 100 personel gabungan,” pungkasnya.

Reporter: Sally Sumeke
Editor: Aru Prayogi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here