Komisi IV DPR RI Terima Kunjungan Kerja DPRD Kabupaten Cianjur

72
0

LEAD.co.id | Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) menerima kunjungan kerja Komisi B DPRD Kabupaten Cianjur, di Ruang Rapat Sekretariat Komisi IV DPR RI, Selasa (26/11/2019). Kunjungan kerja ini diterima oleh Budhy Setiawan selaku perwakilan Komisi IV DPR RI, membahas beberapa usulan dan aspirasi masyarakat Kabupaten Cianjur terkait isu-isu pertanian, kehutanan, kelautan, dan perikanan.

“Kami berharap adanya revisi Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, terutama yang mengatur soal sumberdaya kelautan 0-4 mil dari pantai agar dapat dikembalikan ke (Pemerintah Daerah) Kabupaten,” ujar Sinta Dewi Yuniarti, Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Cianjur.

Baca :  Fraksi PPP Minta PMA Tentang Majelis Taklim Dikaji Ulang

Usulan lain terkait bidang kelautan dan perikanan, Sinta mengharapkan agar Komisi IV dapat menyampaikan aspirasi kepada Pemerintah terkait pembangunan Pelabuhan Perikanan Jayanti di Kecamatan Cidaun, mendorong adanya bantuan permodalan bagi nelayan, pelatihan budidaya lobster, dan bantuan kapal hasil IUU Fishing yang telah memiliki kekuatan hukum tetap.

Sementara itu, di bidang Kehutanan dan Lingkungan Hidup, Komisi B DPRD Kabupaten Cianjur menitipkan aspirasi kepada Komisi IV DPR RI untuk disampaikan ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan terkait pengawasan pelaksanaan program “Citarum Harum”.

“Ada indikasi hak-hak nelayan dan masyarakat sekitar yang diabaikan akibat adanya pencemaran limbah industri di Daerah Aliran Sungai Citarum,” imbuh Sinta.

Baca :  Berharap Pada DPR Baru

Pada bidang Pertanian dan peternakan, Komisi B DPRD Kabupaten Cianjur juga mengharapkan adanya dukungan bantuan fasilitas alat dan mesin pertanian, serta cold-storage (gudang pendingin) untuk unggas. Program cetak sawah baru juga diharapkan ikut menjadi prioritas pemerintah untuk diimplementasikan di Kabupaten Cianjur.

Budhy Setiawan, perwakilan Komisi IV menyampaikan akan menindaklanjuti usulan dan aspirasi yang disampaikan untuk disampaikan dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dan Rapat Kerja antara Komisi IV DPR RI dengan Kementerian terkait.

Selain itu, Budhy juga menyampaikan perhatiannya terhadap peningkatan nilai tukar petani yang membutuhkan prasyarat dukungan fasilitas sarana dan prasarana yang memadai.

Baca :  Irgan Chairul Mahfiz Sosialisasikan Empar Pilar Secara Masif

“Saya mencatat seluruh masukan Bapak dan Ibu anggota Komisi B Dewan Perwakilan Daerah Kabupaten Cianjur. Masukan ini akan di bahas dan dicarikan solusi bersama mitra kerja pada saat acara Rapat Dengar Pendapat (RDP) dan Rapat Kerja dengan kementrian terkait,” tandas Budhy.

Anggota Komisi B DPRD Kabupaten Cianjur yang hadir antara lain Prasetyo Harsanto, Asep Iwan Gusniardi, Cecep Saepudin Juhri, Usep Saefuloh Zein, Jevernando, Wilman Singawinata, Teti Sri Hayati, Indra Yuliana Mulya, Diki Ismail, dan Gugun Gunawan. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here