Kondisi Terkini Banjir Jawa Timur, Sebagian Mulai Surut

0

LEAD.co.id | Banjir yang melanda 17 kabupaten di Jawa Timur, saat ini sebagian besar sudah surut. Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur terus memantau perkembangan penanganan banjir.

Menurut Kapusdatin Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho (7/3/2019), kondisi terkini 17 Daerah yang terdampak banjir tersebut yaitu ; Kab. Madiun, sebagian besar wilayah sudah surut, aktifitas warga sudah kembali normal, genangan air tertinggi 50cm di titik terendah, BPBD melakukan pendampingan di wilayah terdampak ; Kab. Nganjuk, genangan air sudah surut total ; Kab. Ngawi, genangan air cenderung stabil dengan genangan tertinggi 1-1,5M, genangan air meluas kearah Kota, BPBD melakukan pendampingan di area terdampak.

Baca :  KPN Berikan Bantuan untuk Korban Bencana di Kabupaten Bogor

Selanjutnya Kab. Magetan, Kec. Kartoharjo Ds. Jajar dengan genangan air tertinggi 42cm, tren turun, Kec. Kartoharjo, Ds. Ngelang dengan genangan air tertinggi 97cm, tren turun, jumlah pengungsi: 84 Jiwa, TRC PB PBPD Magetan melakukan pendampingan di area terdampak ; Kab. Sidoarjo, Kec. Porong Ds Pesawahan dengan genangan air tertinggi 5-20cm, Kec. Porong Ds Candipari, Ds. Wunut dan jalan raya porong surut total, BPBD Kabupaten Sidoarjo mendistribusikan bantuan sembako sebanyak 250 paket di Balai Desa Pesawahan Kecamatan Porong dan melakukan pendampingan di area terdampak, Kab. Kediri, Genangan air sudah surut total.

Baca :  Gempa Sukabumi: Beberapa Orang Terluka dan Puluhan Rumah Rusak

Sementara Kab. Bojonegoro, genangan air cendenrung stabil dengan genangan tertinggi 70cm, genangan air meluas kearah Kota, BPBD melakukan pendampingan di area terdampak ; Kab. Tuban, Genangan air sudah surut total, TIM BPBD Kab. Tuban melakukan pembersihan sisa lumpur ; Kab. Gresik, Kec. Driyorejo, Desa Kesamben Wetan genangan tertinggi 15cm, Kec. Dukun, Desa Bangeran, Desa Gedong, Desa Bulangan dengan genangan tertinggi 25-30cm, BPBD melakukan pendampingan di area terdampak ; Kab. Pacitan, genangan air sudah surut total ; Kab. Trenggalek, Genangan air sudah surut total ; Kab. Ponorogo, Rata-rata genangan air tertinggi 30cm dengan tren turun, BPBD melakukan pendampingan di area terdampak.

Baca :  Galang Dana Korban Banjir, Mahasiswa Papua Dihadang Aparat

Adapun Kab. Lamongan, Kec. Maduran Ds. Jangkungsumo Dusun Sawo Desa genangan air tertinggi 50cm, BPBD Berkoordinasi dengan Dinas (OPD) terkait untuk penanganan lebih lanjut dan melakukan pendampingan di area terdampak ; Kab. Tulungagung, Kecamatan Pucanglaban, Desa Demuk, Genangan air sudah surut total, Kecamatan Boyolangu, Desa Waung Genangan air 30cm, Bapak Plt. Bupati Tulungagung, Muspida, Kalaksa BPBD beserta Tim BPBD mengunjungi korban terdampak banjir di Desa Demuk Kec. Tulungagung. BPBD melakukan pendampingan di area terdampak ; Kab. Jember, Genangan air sudah surut total ; Kab. Blitar, Genangan air sudah surut total ; Kab. Banyuwangi, genangan air sudah surut total. (BNPB)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here