Korem Suryakencana Perkuat Ideologi Pancasila bagi Masyarakat

0
Korem 061, Ideologi, Ideologi Pancasila, Masyarakat, Achmad Fauzi
Danrem 061/ Suryakencana,Brigjen TNI Achmad Fauzi melaksanakan pertemuan dengan Komponen Masyarakat untuk memperkokoh Persatuan dan Kesatuan, di lapangan tenis Korem 061/Sk, pada Rabu (7/4/2021)

LEAD.co.id | Jelang bulan suci Ramadhan, Korem 061/ Suryakencana menggelar pertemuan dengan komponen masyarakat dengan tema “Merajut persatuan dan Kesatuan Bangsa”, Lapangan Tenis Korem 061/SK, Jalan Ciwaringin, Bogor Tengah, pada Rabu (7/4/2021). Kegiatan ini merespon maraknya paham radikalisme dan terorisme akhir akhir ini.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Danrem 061/SK, Brigjen TNI Achmad Fauzi dan dihadiri oleh Brigjen Pol Edi Hartono selaku Direktur Penegakan Hukum Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). Mereka memberikan wawasan kebangsaan tentang ideologi pancasila untuk menyikapi maraknya paham radilakisme yang muncul akhir akhir ini.

Dalam sambutannya, Danrem menyampaikan pentingnya menjaga silaturahmi antara TNI dengan seluruh elemen masyarakat. Menurut dia, sinergitas antara komponen bangsa di wilayah Korem 061/SK ini merupakan modal untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan.

Baca :  Budhy Setiawan: Perkokoh Ideologi Pancasila Kepada Generasi Millenial

“Kita sebagai warga negara Indonesia harus tetap memperkokoh persatuan dan kesatuan, dan saling bahu membahu di masa Pandemi ini,” ujar Danrem.

Lebih lanjut Danrem mengungkapkan paham radikalisme yang mulai tampak lagi. Dirinya meminta seluruh komponen masyarakat untuk memberikan pemahaman kepada orang-orang terdekat tentang bahaya paham radikalisme dengan memberikan wawasan kebangsaan.

“Mari kita cegah faham radikalisme dengan memahami ideologi Pancasila sebagai salah satu ideologi yang di anut oleh Bangsa Indonesia sebagai Dasar Negara,” sebut Achmad Fauzi.

Baik Danrem 061/SK maupun Direktur penegakan hukum BNPT Brigjen Pol Edi Hartono memberikan Materi Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara serta melakukan dialog dengan peserta. Edi menyatakan bawa, Negara akan terus melakukan pencegahan terhadap radikalisasi dan terorisme.

Baca :  Kasrem Suryakencana Pantau Proses Isolasi TNI dari Papua

Brigjen Edi menyampaikan tentang pemahaman ideologi Pancasila dan terorisme. Menurutnya, Ideologi Pancasila harus tetap dipertahankan tidak bisa diubah oleh pemahaman lainnya, apalagi dengan radikalisme dan Terorisme.

Oleh karenanya, Edi meminta seluruh masyarakat baik individu maupun kelompok untuk bersinergi dalam upaya pencegahan masuknya paham-paham yang bertentangan dengan Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia.

Danrem 061/SK juga memaparkan materi Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan dalam rangka Pembentukan Karakter Building dan mengajak semua elemen masyarakat untuk bersatu, bergotong royong, bersinergi dan membangun silaturahmi untuk memperkokoh persatuan bangsa.

Baca :  Pengumpulan Zakat DDII Kota Bogor Hadir di Tengah Masyarakat

Sebelum kegiatan ini ditutup, Danrem menyerahkan Cinderamata berupa 200 paket sembako dan tali asih secara simbolis kepada para peserta yang diantaranya dari elemen tokoh masyarakat, tokoh agama, mahasiswa, insan pers, dan lainnya.

Reporter: Herawati Nurliah
Editor: Aru Prayogi
Sumber: Penrem 061/Sk

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here