KPN Tanggap COVID-19 Akan Luncurkan Kampung Siaga

182
0
KPN, Covid-19
Komite Penggeral Nawacita (KPN) membentuk Satuan Tugas Program "KPN Tanggap COVID-19"

LEAD.co.id | Komite Penggeral Nawacita (KPN) membentuk Satuan Tugas (Satgas) Program KPN Tanggap COVID-19, sejak awal Maret 2020. KPN juga akan meluncurkan Program KPN Kampung Siaga COVID-19.

Koordinator Satgas Program KPN Tanggap COVID-19, Pitono Adhi mengatakan, sejak awal sudah ikut ambil bagian dalam perang melawan Pandemi Virius Corona (Covid-19). Awalnya, lanjut dia, tim yang diterdiri beberapa orang diminta mempelajari dan menyusun program untuk mengantisipasi dampak Pandemi Covid-19. Batasan yang diberikan yaitu, aksi lapangan secara langsung dan rekomendasi kebijakan ke pihak-pihak terkait.

Tim ini kemudian mengeluarkan lima (5) tindakan yang langsung dieksekusi yaitu: pembuatan dan pendistribusian Hand Sanitizer, pembuatan Portable Wastafel, pembuatan Disinfectant Chamber, Disinfeksi Area Publik, serta bantuan Masker dan Coverall kepada pihak yang beresiko seperti tenaga medis. Tim kemudian merekomendasikan untuk membangun pertahanan sampai tingkat RT/RW yang disebut sebagai Program RW Siaga COVID-19 oleh KPN.

Baca :  LBH Gentar dan BBR Semprot Rumah Warga dengan Disinfektan

“Selanjutnya, KPN juga akan meluncurkan Program KPN Kampung Siaga COVID-19,” ujar Pitono kepada LEAD.co.id melalui siaran pers, Selasa (31/3/2020).

KPN, Covid-19
Komite Penggeral Nawacita (KPN)

Dia melanjutkan, program ini dirumuskan dengan semangat gotong royong. Untuk tahap awal akan mengajak masyarakat di tingkat RW untuk gotong royong, saling bantu, mencoba untuk mandiri, namun juga segera dapat mengakses bantuan yang ada. Selain itu, juga cepat tanggap dalam kondisi kedaruratan.

Virus ini kan gak kenal kelas masyarakat, gak kenal golongan, menghadapinya ya harus gotong royong. Di tingkat RW ini kita juga mencoba mengusahakan tempat karantina mandiri, apabila dibutuhkan ada warga yang berstatus ODP maupun PDP, juga apabila memungkinkan kita sediakan ruang perawatan bagi penderita positive COVID-19 sambil menunggu tersedianya ruang di Rumah Sakit rujukan, tentunya dengan bekerjasama dengan Puskesmas terdekat.

Baca :  Dompet Dhuafa Pasang 1000 Body Chamber se-Jabodetabek

Program Kampung Siaga COVID-19 ini, adalah upaya untuk memberdayakan masyarakat pada tingkatan kluster kampung, antar tetangga, menggugah kesadaran warga untuk menjaga diri masing-masing, saling bantu untuk Bersama-sama menghadapi Pandemi ini, dan kita yakin, rakyat kita adalah rakyat yang kuat, solider dan pintar, kita pasti melawati ini semua.

Untuk diketahui, KPN adalah kumpulan dari berbagai organisasi diantaranya Almisbat, Alumni Menteng 64, Bara JP, Blusukan Jokowi, KAPT, Kornas Jokowi, MAPPAN, Paguyuban Relawan Nusantara, Pengawal Pancasila Damai, RPJB dan Seknas Jokowi.

Dalam kesempatan ini, KPN mengajak semua lapisan warga, semua jajaran pemerintahan dan semua kekuatan sipil yang ada untuk bergerak bersama. Letakkan dahulu segala perbedaan, #saatnyagotongroyong, mari berbuat yang kita mampu lakukan.

Baca :  Dampak Corona, Harga Bahan Pokok di Bogor Meroket

Reporter : Yudi Setiawan
Editor : Aru Prayogi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here