Lingkar Demokrasi Institute Apresiasi Penundaan Pilkada 2020

173
0
Pilkada 2020, Apresiasi, Lingkar Demokrasi Institute
Direktur Lingkar Demokrasi Institute, Syaf Lessy

LEAD.co id | Direktur Lingkar Demokrasi Institute, Syaf Lessy mengapresiasi Pemerintah yang menunda pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2020.

Penundaan Pilkada 2020 tersebut diputuskan dalam rapat komisi II DPR RI, Senin (30/23/2020), mengadirkan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Ketua KPU Arief Budiman, Ketua Bawaslu RI Abhan, dan Plt ketua DKPP Muhammad.

Merespon keputusan itu, Syaf Lessy menegaskan bahwa, langka yang diambil Komisi II DPR RI sangat tepat seiring dengan situasi pandemic Covid-19. Menurutnya, keputusan tersebut sejalan dengan maklumat yang dikeluarkan oleh Pemerintah terkait Darurat Bancana Pandemi Covid-19.

Baca :  Cegah Penyebaran Corona, LIPI Tutup 4 Kebun Raya

Pasalnya, kata Syaf Lessy, pada perhelatan Pemilu 2019 lalu, masalah-masalah bawaan yang seringkali melekat di Pilkada dan Pemilu diantaranya manajemen tata kelola Pemilu yang kurang baik, persoalan kecurangan, kekurangan logistik, masalah daftar pemilih tetap (DPT), gesekan antar kelompok masyarakat, hingga tingginya angka kematian di lapangan.

“Kini Pilkada 2020 justru harus dihadapkan dengan masalah baru yakni wabah virus corona COVID-19,” ungkap Syaf.

Atas ditundanya Pilkada 2020 ini, lanjut Syaf, Komisi Pemilihan Umum (KPU) perlu segera berkoordinasi dengan Pemerintah, khususnya Kementerian Kesehatan bersama dengan Gugus Tugas dalam upaya penanggulangan bencana COVID-19. Karenanya, koordinasi antar lembaga terkait ini dinilai penting untuk menentukan langkah mitigasi terhadap pelaksanaan Pilkada yang sangat mungkin beririsan dengan langkah pencegahan penyebaran COVID-19.

Baca :  PSBB Kota Bogor Dimulai, Melanggar Akan Ditilang

“Ini penting untuk terus dilakukan, sehingga memberikan jaminan keamanan dan keselamatan bagi seluruh penyelenggara pemilu, pemilih, dan peserta pemilu,’’ Pungkas Syaf.

Reporter : Manto Arya
Editor : Aru Prayogi

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here