Pemilihan Ketua RW Serentak di Kedunghalang Mirip Pilkada

0
Pemilihan, RW, Kedunghalang, Pilkada
Pemungutan suara dalam Pemilihan Ketua RW Serentak di Kedunghalang, Kecamatan Bogor Utara, pada Minggu (3/1/2020).

LEAD.co.id | Pemerintah Kelurahan Kedunghalang, Kecamatan Bogor Utara telah menggelar pemilihan Ketua RW (Rukun Warga) serentak di tiga lokasi, diantaranya RW 005, RW 009 dan RW 011, pada Minggu (3/1/2021).

Pemilihan Ketua RW secara serentaak di Kelurahan Kedunghalang ini merupakan ajang menentukan hak pilih bagi Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang sudah mendapatkan undangan dari pihak panitia pelaksana pemilihan Ketua RW dimasing-masing lokasi.

Rinciannya, DPT di RW 005 sebanyak 302 jiwa, RW 009 sebanyak kurang lebih 800 jiwa dan terakhir di RW 011 adalah sejumlah 964 jiwa yang memiliki hak untuk menentukan calon Ketua RW idamannya.

Sumber tim Lead.co.id menyebutkan, ada yang unik dalam pesta demokrasi di tiga lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS), khususnya di TPS RW 011, di mana persiapan, perlengkapan, hingga pelaksanaannya mirip seperti Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

Baca :  Preferensi Publik dalam Pilkada di Era Pandemi Covid-19

Tampak di TPS  RW 011, pesta demokrasi ini dilaksanakan menggunakan tenda untuk hajatan besar ditambah sound yang memadai dengan ornamen selayaknya Pilkada atau Pemilu.

Saat ditemui di RW 009, Lurah Kedunghalang, Bambang Heri Santoso menyampaikan bahwa, proses pemilihan Ketua RW ini hampir seperti Pemilihan Umum (Pemilu), dan tetap mengedepankan Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19.

Dia menambahkan, guna menghindari kerumunan, pihak panitia terus mengingatkan warga untuk menjaga jarak dan diatur bergantian dalam menentukan pilihan di bilik suara yang sudah disediakan.

“Dengan menyediakan tempat cuci tangan, hand sanitizer, cek suhu serta himbauan untuk menggunakan masker ketika mendatangi lokasi pemilihan Ketua RW yang diikuti 4 kandidat calon ini,” tambah Kang Berry sapaan akrab Lurah Kedunghalang.

Baca :  IEW Harap Kontestan Pilkada Tidak Kampanye SARA
Pemilihan, RW, Kedunghalang, Pilkada
Proses Pemilihan Ketua RW secara Serentak di wilayah Kelurahan Kedunghalang, Kecamatan Bogor Utara.

Wahyu Dedi Sudrajat, tokoh masyarakat RW 011 mengatakan, pemilihan ketua RW ini adalah pesta demokrasi yang sesungguhnya di tingkat bawah, dengan mengedepankan prinsip Jujur dan Adil (Jurdil).

“Saya melihat dalam proses pemilihan di sini sangat mewah, seperti mengadakan pemilihan Wali Kota, padahal dengan menggunakan anggaran swadaya masyarakat,” sebutnya.

Di lokasi yang sama, Babinsa Kedunghalang Serka Agus yang didampingi Babhinkamtibmas Aiptu Santoso ini mengapresiasi pelaksanaan pemilihan ketua RW 011 dengan tiga kandidat yang tetap mengedepankan demokrasi dan kondusifitas.

Bersama Kelurahan dan panitia pelaksana, pihaknya telah menyepakati dan berkomitmen untuk selalu menjaga Prokes Covid-19 yang dianjurkan oleh Pemerintah guna memutus mata rantai penyebaran virus tersebut.

Baca :  Warga Dorong M. Mulyadi Jadi Kandidat Ketua RW 01 Kelurahan Curug

Terkait dengan hasil pemilihan ketua RW, Lurah Kedunghalang berharap kepada siapapun yang terpilih nantinya bisa bersinergi, dan pihak yang kalah agar legowo atau lapang dada karena jabatan itu adalah amanah.

“Jabatan RW ini adalah amanah dan pasti akan lebih banyak sosialnya dalam tugas yang akan diembannya nanti,” harap Kang Berry.

Reporter: Sally Sumeke
Editor: Aru Prayogi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here