PHP Bantuan Wartawan, DPRD Bogor Minta Diskominfo Penuhi Janji

0
DPRD Kabupaten Bogor, Wartawan, Bantuan, Covid-19
Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudi Susmanto saat ditemui para wartawan di gedung DPRD Kabupaten Bogor.

LEAD.co.id | DPRD Kabupaten Bogor angkat bicara terkait bantuan dari Bupati Bogor bagi para wartawan yang bertugas di kabupaten Bogor. Pihaknya minta agar Diskominfo Kabupaten Bogor menepati janji kepada para wartawan.

Sebelumnya, Diskominfo Kabupaten Bogor atas nama M. Gultom menyampaikan pesan tertulis agar para wartawan yang bertugas di kabupaten Bogor mengirimkan data pribadi untuk mendapatkan bantuan terkait dampak Covid-19. Pendataan itu disebutnya sesuai arahan Bupati yang menindaklanjuti arahan Gubernur Jawa Barat.

Nemun demikian, berdasar arahan Dinas Sosial (Dinsos) pihak Diskominfo menyampaikan bahwa, bantuan sosial untuk wartawan akan disalurkan melalui satu pintu ke Desa atau Kelurahan masing masing. Dalam pesan tersebut, Diskominfo menyampaikan agar para wartawan mengirimkan data ke pihak Desa/Kelurahan setempat.

Baca :  Petugas Monitoring Sempurnakan Kualitas DTKS di Kabupaten Bogor

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bogor, Rudi Susmanto mengaku telah mengetahui permasalahan tersebut, saat ditemui para wartawan. Dia juga telah menghubungi Diskominfo yang mengatakan adanya kesalah-pahaman.

“Saya sudah meminta agar diskominfo membuatkan kelompok tersendiri untuk bantuan terhadap wartawan,” ujarnya saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Selasa (14/4/2020).

Rudi menyebutkan, wartawan adalah garda terdepan dalam memberikan informasi kepada masyarakat. Karenanya, lanjut dia, Pemerintah Daerah sudah harusnya memberikan perhatian khusus.

Sedangkan terkait permasalahan yang terjadi antara pihak Persatian Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bogor dengan Diskominfo tersebut, Rudi Susmanto mengatakan akan langsung bicara ke Bupati.

Baca :  PSI Bogor Kecam Pelarangan Ibadah di Jonggol

“Malam ini akan langsung saya sampaikan ke Bupati agar bantuan yang dijanjikan oleh diskominfo tersebut segera terpenuhi. Karena mereka (Diskominfo-red) yang menjanjikan ya harus dipertanggungjawabkan,” Pungkasnya.

Ketua PWI Kabupaten Bogor, H. Subagio menyampaikan rasa terimakasihnya atas atensi dari ketua DPRD Kabupaten Bogor. Dia berharap masalah ini dapat dijembatani sehingga bisa tersekesaikan.

“Terimakasih saya sampaikan kepada Mas Rudi Susmanto atas atensi nya yang menerima kami dengan baik. Semoga mas Rudi dapat menjadi penjembatani kepada Bupati agar kisruh antara PWI dan Diskominfo tidak berkepanjangan,” Pintanya.

Dia menyarankan, Diskominfo sebelum menyebarkan informasi ataupun sesuatu agar terlebih dahulu mengkroscek kebenarannya. Pihaknya mengaku tidak berharap dengan bantuan tersebut, namun karena telah dijanjikan oleh pihak diskominfo Kabupaten Bogor.

Baca :  Breto Kaffi Hadir untuk Penggila Kopi Hitam

“Karena Diskominfo yang menjanjikan, tapi mereka juga yang seakan membuat janji palsu alias PHP (Pemberi harapan palsu-red),” pungkasnya.

Sementara, Sekjen PWI Kabupaten Bogor, M. Nurofik mengatakan bahwa yang harus menjadi catatan penting adalah wartawan tidak berhak soal bansos Covid-19.

“Catatan pentingnya adalah bahwa kita selaku wartawan tidak berhak pada bansos Covid-19. Kita hanya bertanya, apakah bupati ada perhatian terhadap wartawan yang terdampak juga rentan terpapar Covid-19, Itu saja kok,” Tegas Nurofik.

Reporter: Yudi Setiawan
Editor : Fardiansyah
Sumber: Bogor Update

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here