Ratusan TKI Asal Pamekasan tak Terdaftar BPJS Ketenagakerjaan

0

LEAD.co.id | Ratusan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) atau Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Kabupaten Pamekasan masih banyak yang belum terdaftar menjadi peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan KCP Pamekasan, S Bill Fauzan mengatakan, rata-rata masyarakat Madura yang menjadi TKI atau PMI banyak yang belum menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

“Bukan hanya Pamekasan saja, hampir rata-rata di Madura itu kan sudah turun-temurun berangkat dengan cara yang seperti itu (non prosedural dan tidak mendaftar menjadi BPJS Ketenagakerjaan),” katanya, Jumat (30/8/2019).

Dikatakan, hingga saat ini TKI asal Pamekasan yang mendaftar dan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan di BPJS Ketenagakerjaan KCP Pamekasan hanya tiga orang. “Ada tiga kemarin yang ngurus kesini. Cuma tiga orang itu saja,” tuturnya.

Baca :  Polemik Data Diri Moh Rahem, P2KD Proppo Tolak Putusan PTUN Surabaya

Padahal, kata S Bill Fauzan, pihaknya sudah bekerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) dan Disnakertrans Pamekasan untuk melakukan sosialisasi ke seluruh desa se-Kabupaten Pamekasan terkait pentingnya menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

“Kami sudah inten melakukan sosialisasi itu ke desa-desa yang tersebar di wilayah Pamekasan. Kami sudah memberikan sosialisasi betapa pentingnya menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan,” ucap S Bill Faizan

Menurut S Bill Fauzan, BPJS Ketenagakerjaan merupakan sebuah lembaga pemerintah yang memberikan perlindungan terhadap para pekerja.

BPJS Ketenagakerjaan memberikan beberapa perlindungan meliputi, kecelakaan kerja, persalinan, kehamilan, cacat fisik, pensiun, dan bahkan kematian.

Baca :  Suntik KB, Alat Kontrasepsi Primadona di Pamekasan

“Jadilah peserta BPJS Ketenagakerjaan, sehingga bekerja menjadi lebih menyenangkan dan nyaman, sebab hak-hak sebagai seorang pekerja akan terlindungi dengan baik dan maksimal,” himbaunya. (haz/nam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here