Satgas Sungai Ciliwung Gencarkan Kebersihan

0

LEAD.co.id | Satuan Tugas (Satgas) Sungai Ciliwung gencar membersihan kawasan sungai Cilwung, Jumat (15/03/19). Satgas ini dibentuk oleh unsur Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Bogor Utara dan Tanah Sareal, Kota Bogor.

Satu bulan terakhir ini, dalam satu minggu sekali, Satgas Ciliwung membersihkan Sungai. Diketahui, sepanjang Sungai Ciliwung telah mengalami peningkatan mencapai 40%.

“Kami terus melakukan dan meminimalisir membersihkan Sungai ciliwung, dengab melibatkan unsur TNI, Polri, dan warga sekitar serta pelajar, ” kata Camat Bogor Utara, Atep Budiman, kepada wartawan.

Menurut dia, digerakannya Jumat bersih menyusuri Sungai Ciliwung ini, bahwa ini merupakan salah satu program pemerintah, untuk mengantisipasi adanya banjir, ketika Sungai Ciliwung meluap pada musim penghujan.

Baca :  Mall Pelayan Publik Manjakan Pelanggan PDAM Kota Bogor

“Harus ada, kepeduluan karena air ini, menjadi sumber kebutuhan, jika tidak adanya perawatan dari kami, dan gerakan ini, salah contoh untuk membawa masyarakat harus peduli juga dengan kebersihan yang ada di Sungai Ciliwung, ” ujar dia.

Selain itu, Danramil Bogor Utara, Kapten, SS. Rumalutur mengatakan, Gerakan yang dilakukan ini, harus adanya kepedulian terhadap pembersihan Sungai Ciliwung di sepanjang aliran Sungai Ciliwung di Kelurahan Bantarjati. Terkait, dengan penindakan, bahwa pihaknya masih dalam pengawasan oleh pihak Muspika setempat.

“Penindakan kami masih dalam pengawasan, nantinya akan mengacu pada peraturan daerah Pemkot Bogor, ” ujar dia.

Baca :  Catatan "Keren dan Mantul" dari Acara Pelantikan Alisa Khadijah Kota Bogor

Ia menjelaskan, maraknya masyarakat dengan membuang sampah, dirinya selalu mengingatkan dengan cara, ketika berembuk dengan warga, untuk mensosialisasikannya langsung kepada masyarakat.

“Ketika turun ke masyarakat, kami selalu mengingatkan, agar membuang sampah di tempatnya, jangan ke Sungai Ciliwung, artinya, ketika Sungai ciliwung bersih bisa digunakan oleh warga juga, ” jelas dia.

Hal senada, dikatakan oleh Camat Tanah Sareal, Asep Kartiwa, gotong royong dengan membersihkan Sungai Ciliwung melibatkan dua kecamatan ini, agar bisa memberikan rangsangan terhadap masyarakat bisa menjaga Sungai Ciliwung menjadi bersih.

“Salah satu terobosan juga bagi kami, dengan terjun langsung ke lokasi untuk membersihkan Sungai ciliwung ini,” kata dia.

Baca :  Katar Kedung Badak Bantu Salurkan 733 Bansos Covid-19 Tahap 2

Menurutnya, di wilayahnya ada tiga kelurahan yang di lintasi oleh Sungai Ciliwung, yaitu, Kelurahan Tanah Sareal, Kelurahan Kedung Badak, dan Kelurahan Sukaresmi. Selama kegiatan Satgas Ciliwung berlangsung membersihkan sungai ini, Sungai Ciliwung terlihat rapih dan bersih bahkan terjadi peningkatan mahwa warga sudah jarang yang membuang sampah ke sungai.

“Sangat signifikan sekali bersih Sungai Ciliwung ini, ketika kami dengan gencar melakukan bersih sungai, dan kami juga berharap untuk seterusnya warga bisa menjaga sungai dari sampah maupun limpah, ” pungkas dia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here