Sekolah Segera Dibuka, Kemenkes RI Siapkan Protokol Ketat

0

LEAD.co.id | Proses pembelajaran tatap muka segera akan dimulai. Untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran yang aman dan sehat, Kementerian Kesehatan akan berikan pendampingan sekaligus memonitor pelaksanaan protokol kesehatan di lingkungan sekolah.

Hal ini disampaikan langsung oleh Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto dalam Pengumuman Kebijakan Sektor Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19 yang diselenggarakan secara daring, Senin sore (15/06/2020).

“Mudah-mudahan prioritas untuk keselamatan dan kesehatan para murid bisa berjalan dengan baik, kegiatan belajar mengajar bisa berjalan dengan lancar dan itu adalah harapan kita semua,” kata Menkes.

Baca :  Penanganan Covid-19 Harus Cepat, Tepat, dan Akuntabel

Lebih lanjut, Menkes menyebutkan, apabila ditemukan kasus positif di lingkungan sekolah maka pembelajaran akan dihentikan sementara yang dilanjutkan dengan contact tracing untuk mencegah penularan yang kian meluas.

“Jika ada kasus positif di sekolah maka otomatis Puskesmas dan Dinkes Kabupaten/Kota akan berkoordinasi dengan sekolah tersebut untuk menjaga agar tidak terjadi penyebaran lebih lanjut, dan aktivitas sekolah akan dihentikan sementara serta dilakukan tracing pada anak yang sakit tersebut,” terangnya.

Pihaknya juga akan terus memantau perkembangan di sekolah hingga kembali normal sehingga proses pembelajaran bisa dimulai kembali, tentu dengan mengedepankan prinsip kesehatan dan keselamatan.

Baca :  Kembali Datangi DPRD Jatim, Mahasiswa Tuntut Jaminan Pendidikan

Terkait rencana dimulainya pelaksanaan pembelajaran tatap muka pada Bulan Juli 2020 mendatang, Menkes mengaku siap mendukung dan membantu fasilitasi protokol kesehatan. Ia berharap protokol kesehatan tersebut bukan sekedar kewajiban, namun harus menjadi nilai-nilai yang terinternalisasi oleh seluruh satuan pendidikan.

Protokol kesehatan yang harus diterapkan diantaranya memakai masker, cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, jaga jarak/hindari kerumunan, menjaga daya tahan tubuh, istirahat yang cukup, olahraga, kelola stress, konsumsi makanan bergizi dan jaga kebersihan lingkungan sekolah.

“Kami mendukung protokol kesehatan melalui fasilitas pelayanan kesehatan disekitar sekolah yang kami surati/imbau untuk bisa melakukan pendampingan terhadap sekolah-sekolah yang buka melakukan promotif dan preventif sehingga kegiatan belajar mengajar di sekolah tersebut berlangsung dengan aman, lancar, sehat dan selamat,” pungkasnya.

Baca :  Oknum Polisi Pukuli Ketum HMI Yogyakarta dengan Alasan Social Distancing

Sumber : Rokom Kemenkes
Editor : Aru Prayogi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here