Sembuh dari Covid-19, Tiga ABK Greg Mortimer Pulang ke Indonesia

0
Covid-19, WNI, ABK, Greg Mortimer
Tiga WNI, ABK Greg Mortimer pulang ke Indonesia usai dinyatakan sembuh dari Covid-19.

LEAD.co.id | Setelah dinyatakan sembuh dari Covid-19, tiga Warga Negara Indonesia (WNI) yang bekerja sebagai Anak Buah Kapal (ABK) di Greg Mortimer akhirnya dapat pulang ke Indonesia pada Rabu kemarin (3/6/2020).

Kapal Greg Mortimer sempat terkatung-katung di lautan Pasifik dan Atlantik karena tidak mendapatkan izin berlabuh di beberapa negara karena 100 awak dan penumpangnya terinfeksi Coid-19. Pemerintah Uruguay akhirnya akhirnya membolehkan kapal buang jangkar di tengah laut teritorial Uruguay agar kesehatan mereka dapat dipantau.

Para penumpang kapal pesiar yang umumnya warga negara Australia dan Selandia Baru diijinkan mendarat dan terbang kembali ke negaranya, sementara awak kapal yang tinggal diminta untuk karantina mandiri.

Baca :  Gawat, Pemerintah Rancang Pemulangan WNI eks ISIS

Salah satu WNI ABK yang terkonfirmasi Covid-19 sempat memburuk kondisinya dan dilarikan ke rumah sakit di daratan. Setelah sedikit membaik, beliau dikembalikan ke kapal lanjutkan karantina mandiri.

Setelah beberapa minggu, Pemerintah Uruguay akhirnya mengijinkan awak kapal meneruskan karantina di darat. Mereka yg sehat dipisahkan dari yang sakit. Konsul Kehormatan RI untuk Uruguay, Nicolás Potrie Bo atas nama KBRI Buenos Aires mengunjungi mereka dan memberikan bantuan makanan dan alat sanitasi.

Atas kerja sama yang baik dari berbagai pihak, termasuk Kementerian Luar Negeri Uruguay, akhirnya para WNI dapat kembali ke Indonesia dengan selamat. KBRI Buenos Aires dan seluruh perwakilan Indonesia di luar negeri akan terus memantau kesehatan dan memberikan pelayanan terbaiknya bagi para WNI di luar negeri terutama di situasi sulit saat pandemi.

Baca :  WNI di Natuna Dipastikan Sehat dan Siap Kembali ke Keluarga

Sumber: KBRI Buenos Aires/Kemlu RI
Reporter: Sally Sumeke
Editor: Aru Prayogi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here