Silakda Orda Membawa Berkah: Gedung ICMI Bogor

0
ICMI, Pemekaran, DOB, Kabupaten Bogor, Bogor Barat

Oleh: Dr Apendi Arsyad

Alhamdulillah subhanallah pagi Sabtu kemaren tgl 1 Mei 2021 saya mendampingi Ketum ICMI Orwilsus Bogor mas Prof Arif Satria berangkat dan pulang bareng satu mobil dengan.beliau menuju dan meninggalkan arena Silaturrahmi Kerja Daerah (Silakda) Organusasi Daerah Ikatan Cendekiawan Muslim se Indonesia (Orda ICMI) Bogor Barat. Acara Silakda ICMI Orda Bobar yg diketuai bpk Drs.H.Djufri Jamaludin, yang sehari-hari dikenal sbg Komut BPRS Amanah Ummah Lw Liang Bogor telah berhasil menyelenggarakan acara silaturrahmi menghadirkan para pimpinan Orsat ICMI se Bogor Barat.
Saya, salah seorang tamu yang diundang bersama 4-5 orang pengurus MPW ICMI Orwilsus Bogor, merasa berbahagia dan agak terharu juga atas keberhasilan kang H.Hendi Syofyan bin Taufiq Rahman berhasil sebagai Ketua Organizing Commite menyelenggarakan acara Silakda dengan aman, tertib dan sukses mendatang sejumlah narasumber, peserta dan menghasilkan rumusan rekomendasi internal dan ekternal untuk mendorong kemajuan umnat dan bangsa sesuai program 5 kualitas ICMI (imtaq, pikir, karya, hidup dan keluarga sakinah mawaddah warohmah).
Begitu banyak butir-2 rekomendasi yang disepakati untuk diperjuangkan di dalam kehidupan ummat dan bangsa, diantaranya yang cukup menonjol adalah:
1. Ada sikap dan tekad kuat untuk melanjutkan, memperjuangkan.alm ajengan KH Soleh Iskandar sebagai Pahlawan Nasional kepada Presiden RI;
2. Ada tekad kuat yang bulat dari para aktivis dan elemen Orsat ICMI yang berkiprah di 12 Kecamatan se wilayah Bogor Barat untuk mendorong percepatan pemekaran Bobar menjadi Kabupaten untuk peningkatan kesejahteraan rakyat Bobar yang masih tertinggal kehidupannya; dan
3. Mendukung dan mengusulkan Ketum ICMI Orwilsus Bogor saat ini, mas Prof.Arif Satria untuk dipilih menjadi Ketum MPP ICMI Pusat di forum Muktamar ICMI mendatang, uang direncanakan bulan Nopember-Desember 2021 di Bandung.

Sebebarnya banyak lagi point-2 Rekomendasi Silakda Orda ICMI Bobar yang menarik di bidang sosek, sosbud dan bahkan sospol, baik juga untuk kita ketahui dan pahami, sehingga keberlanjutan eksistensi pengabdian kawan2 beramal sholeh melalui program 5 K ICMI bisa tetap terpihara dengan baik.

Akan tetapi program dan kegiatan ICMI Orwilsus Bogor, yang belum masuk dalam rancangan materi Silakda, dan bahkan belum sempat dirumuskan dalam materi rekomendasi yaitu rencana membangun gedung “ICMI Bogor Center” sebagai pusat kegiatan dan informasi dll, justru ini mulai terlihat wujudnya.

Baca :  ICMI Bedah Buku Riset Ekonomi Politik Korupsi

Siang Sabtu kemaren (1/5-2021) kira-2 pukul 12.05 wib setibanya di rumah Putih Galuga di Lw Liang, tempat acara Silakda diselenggarakan, kami (Ketua mas ASA, Waket mas Doni, dan Sekum mas Sofyan dari MPW) beramah tamah dahulu dengan para pimpinan teras MPD ICMI Bobar sebagai tuan rumah. Hadir dari MPD ICMI Orda Bobar tersebut yaitu kang Djufri (Ketua), kang Taufik (Bendum), kang Makruf (Wabendum), kang Hendi (Waket/Ketua OC Silakda), mas Mulyono (Sekteraris), Amirul (Wasek) dan beberapa orang yg lain. Dalam kesempatan pertemuan ramah tamah dan silaturahmi “informal” antara pengurus Orwil dengan Orda ICMI Bobar, sebelum acara Silakda dimulai, kami saling bertukar informasi dan pendapat tentang program 5 K ICMI di wilayah Bogor, tetutama kegiatan-2 pengabdian umnat di kawasan Bobar khususnya pembangunan pertanian dan perdesaan. Salah satu yang menarik dari pembicaraan kami tersebut, terdengar oleh saya, kata-2 mas Prof.Arif Satria/Ketua Orwil bahwa beliau berkenginan untuk membangun gedung Sekretariat ICMI Orwil Khusus Bogor di wilayah Kota Bogor Barat, lokasinya pinggir jalan raya terletak antara kampus IPB University dengan Kota Bogor. Kemudian pada kesempatan itu, beliau menugaskan.sdr.Sekum ICMI Dr.Sofyan Syaf untuk mencari lahan yg agak luas agar mobil para tamu ICMI Orwil Bogor bisa leluasa parkir di pekarangan kantor. Selanjutnya sdr Sekum ditugaskan juga untuk membuat sebuah proposal pembangunan Sekretariat ICMI Orwilsus Bogor untuk disampaikan kepada calon donatur, diantaranya kata mas Ketua Gubernur Jabar bpk Ridwan Kamil karena besok (Ahad sekarang) akan bertemu di Bandung, juga mas Ketua aksn menemui Walkot Bogor bpk Bima Arya dan bupati.Bogor ibu Ade Yasin, dll dalam waktu dekat ini.

Entah bagaimana, tidak berapa lama kemudian setelah kami asik berbincang-bincang mengenai niat baik dan mulia rencana untuk membangun gedung ICMI Bogor Center. Alhamdulillah, dasarnya rezeki ICMI yang datang dari arah tidak disangka-sangka, nyeletuklah salah seorang darmawan kang Makruf (wabendum ICMI Orda Bobar, dan dikenal seorang saudagar emas muslim yang sukses di daerah Lw Liang), beliau secara spontan berkata jika memsng ada rencana Orwil ICMI Bogor akan membangun gedung sekretariat dan pertemuan, beliau siap menyumbang (berinfaq) Rp.20 Juta. Saya pun.”kaget” dan ber bahagia mendengar ucapan spontan yang penuh keikhlasan tersebut, seraya menatap wajah kang Makruf yg baik hati, dsngan berucap “alhamdulillah” semoga berkah dan mendapatkan pahala yg besar dari Allah SWT, terlebih dalam suasana beribadah shaum di bulan suci Ramadhan 1442 H yang penuh berkan dan berkah.
Tak lama kemudian kami berbincang, berucap.lagi bpk H.Taufik Rahman/CEO BPRS Bina Ummah Lw Liang yg juga bendarawan ICMI Orda Bobar, dia berkata insyaAllah saya sumbangan pembangunan gedung dan pembelian lahan, infaq 2 kali lipat pak Makruf, berarti infaqnya sebesar Rp.40 juta, sekarang dalam waktu sekian menit terkumpul dana pembangunan Rp60 juta. Setelah beberapa saat obrolan kami, mas Arif pun menimpali dengan bahasa yang bijak, alhamdulillah beliau mengucapkan terima kasih yg tulus kepada kedua sesepuh ICMI Bobar atas dukungannya untuk.mewujudkan rencana kerja ICMI Orwilsus Bogor membangun gedung sekretariat dan pertemuan, seraya berdoa semoga Allah SWT memberikan kemudahan dan memberkahi. Terakhir mas Arif Satria secara pribadi juga ikut berinfaq guna membangun gedung ICMI Bogor Center dan pembelihan lahan sebesar Rp.20 juta. Jadi dipertemuan ramah tamah “lesehan” tersebut sdh terkumpul dana sebesar Rp.80 Juta, sekum MPW ICMI Bgor adinda Dr.Sofyan mencatatmya, yang nsnti beliau followupi bersama kawan-2 pengurus ICMI yang lain.
Acara ramah pun berakhir, setelah kami sholat zuhur berjemaah di ruang tengah rumah “putih Galuga” yang besar nan megah itu, milik pribadi kang Hendi Sofyan (ketua panitoa Silakda), kemudian kami pun.menuju halaman pekarangan yang telah tersusun kursi-2 yang berjarak mengikuti prokes pencegahan Covid 19 dengan dipasang tenda dan dilengkapi podium dan dekorasi spanduk Silakda ICMI Orda Bogor Barat (Bobar) tahun 2021 dengan tema”Peranan Strategis ICMI Orda Bobar dalam Mengakselarasi Pemekaran Kabupaten Bogor Barat”. Alhamdulillah nampaknya kawan-2 Orda dan Otsat serta Batom ICMI se kawasan Bobar cukup.bersemangat dan siap berperan memajukan kehidupan masyarakat Bobar pada 12 kecamatan yang ada, yang menjadi wilayah kerja pengabdiannya.
Berikutnya setelah pengurus inti MPW Orwilsus Bgr dan Orda ICMI Orda Bobar tiba dan duduk di arena Silakda, menunggu acara dimulai, tiba-2 datanglah Bpk H Asep Wahyuwijaya SH.MPd/angota DPRD Jawab yang juga Ketua Dewan Penasehat ICMI Orda Bobar, beliau masuk arena dan saling bersalaman. Bapak Asep Wahyu juga di forum Silakda ini diminta juga sebagai narasumber bersama Prof.Arif Satria/Korwil ICMI Bogor untuk mempresentasi (berorasi) menjelaskan materi seperti tema diatas. Mendengar ada informasi tentang rencana pembangunan gedung ICMI Bogor Center dari.mas Arif Satria, beliau kang Asep Wahyuwahyudi, berucap secara spontan dia juga ikut menyumbang sebesar Rp.20 juta, peserta pun memberikan appresiasinya.

Baca :  Inmemorial Sahabat Kita Simon Notosaputro

Jadi alhamdulilah dana infaq dari 4 orang dermawan ICMI tersebut sudah terkumpul dana sebesar Rp 100 juta sebagai modal awal untuk membeli tanah. Mendengar informasi tersebut terkumpul dana Rp100 juta dari laporan panitia Sulakda ICMI Bobar kang Hendi para hadirin pun memberikan aplaus pertanda senang dan bersyukur kepada Allah SWT.

Acara Silakda ICMI Orda Bobar pun dimulai dengan lantunan ayat suci Al Quran, laporan Ketua panitia, sambutan bpk Camat Lw Liang sekaligus membuka resmi Silakda, dan kemudian dilanjutkan orasi ilmiah yg bernas dan menarik dari Ketum ICMI Orwilsus Bogor Prof.Dr.Arif Satria MSi di podium yg disediakan. Sebelum narasumber Arif turun ke tempat duduknya di arena Sulakda, tampillah budayawan legendaris ICMI uda Drs.H.S Ramelus MPd naik keatas pentas membacakan puisi yang penuh semangat, menggugah dan memikau para peserta Silakda.
Setelah ramah tamah dan fhoto bersama dengan para peserta dari pimpinan Orsat ICMI se Bobar, saya dan mas Arif Satria minta izin pulang duluan karena masih ada agenda acara yg sangat penting sbg host Webinar dalam acara bukber ICMI-KAHMI Daerah Bogor 1442 H pada sore harinya.

Baca :  DD Ronting: Berbagi Berkah untuk Sesama di Flores

Alhamdulillah Silskda ICMI salah satu Orda telah berhasil dilaksanakan. Ada 2 Orda ICMI yakni Kota Bogor dan Cibinong yang belum dan terus kami dorong untuk bisa Silakda dan program serta kegiaran lain yg tentunya bermanfaat bagi ummat dan bangsa. Hal ini saya perbincangkan serius dengan Ketua ICMI Orwilsus Bogor mas Prof.Arif Satria di mobil pribadinya selama perjalanan pulang ke Sentul Bogor. Mohon doa dan partisipasinya semoga progtam 5 K ICMI bisa kita laksanakan dgn baik, terutama mewujudkan marwah organisasi.adanya Gedung ICMI Bogor Centre yg sudsh menjadi angan-2 kita sejak lama.

Sekian, syukron barakallah.
Selamat beribadah shaum Ramadhan 1442H, semoga kita bisa meraih peringkat muttaqien.. Amiiin YRA. Wassalam.

Penulis adalah Pendiri-Aktivis ICMI, Pendiri-Dosen Universitas Djuanda Bogor, Konsultan dan Aktivis Ormas di Bogor al ICMI, Kahmi, Kadin, Dekopinda dll

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here