Tim DMC DD Diterjunkan ke Lokasi Bencana Puncak Bogor

0
DMC DD, Banjir, Puncak
Tim DMC DD membersihkan sisa sisa banjir di kawasan Puncak Bogor [File: Humas DD]

LEAD.co.id | Dompet Dhuafa menerjunkan Tim SAR Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa ke lokasi banjir Gunung Mas, kawasan Puncak, Bogor, sejak Selasa (19/1). Tim SAR DMC ini diterjunkan untuk membantu mebersihkan material dari longsoran akibat banjir.

“Saat ini Tim SAR DMC DD tergabung dalam kru tiga yang terfokuskan dalam pembersihan material longsoran yang ada di Daerah Aliran Sungai (DAS) Cisampai, yang terbawa akibat banjir bandang” ujar Adhe Indra Saputra, pimpinan Tim SAR DMC DD melalui siaran pers Humas DD, pada Rabu (20/01/2021).

Baca :  Petugas Lakukan Penanganan Pertama Bencana di Puncak

Di lokasi lain pada titik evakuasi pertama berada di sekitar rumah warga yang terkena dampak parah akibat banjir bandang. Pada titik kedua, Tim SAR didatangkan untuk membantu membersihkan aliran sanitasi air bersih ke rumah-rumah warga dan pada titik ketiga, Tim ini dikerahkan untuk mensisir sungai Cisampai dalam upaya membersihkan material banjir bandang yang berada di sungai tersebut.

Banyak material seperti batang kayu yang besar membuat proses pembersihan aliran sungai memakan waktu ditambah dengan alat-alat yang digunakan hanya semi berat, seperti mesin potong kayu, alkon, cangkul dan lain sebagainya.

Baca :  Pelajaran Dibalik Banjir Bandang di Puncak Bogor

“Maka itu kami membutuhkan peralatan alat berat untuk evakuasi bahan material longsoran yang masih menggenangi aliran sungai Cisampai,” sebut Adhe

Dia menjelaskan, untuk titik pengungsian ada tiga, yakni berada di Gedung Tugu Pensiunan yang saat ini menampung sekitar 250 jiwa, lalu di Wisma Perhutani dengan menampung sekitar 300 jiwa , dan Sebagian warga mengungsi di rumah sanak famili.

Hingga Rabu sore (20/1), banjir bandang telah menyebabkan 900 jiwa terdampak dan 145 jiwa mengungsi. Pos Dompet Dhuafa untuk saat ini berada di Kampung Rawa Dulang, RT 02 RW 03 Desa Tugu Selatan, Cisarua, Kabupaten Bogor.

Baca :  Sigap!, Tim Sar Gabungan Fokus Pembersihan Puing Sisa Banjir

Reporter: Jhonie
Editor: Aru Prayogi
Sumber: Humas DD

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here