Karantina Merauke Tahan 2 Ekor Ayam dari Kapal Penumpang

0
Karantina Merauke, Merauke, Ayam, Kapal Penumpang
Petugas Karantina Karantina Merauke melakukan penahanan dua ekor ayam asal Tual tanpa disertai dokumen Karantina, pada Selasa (4/3/2021)

LEAD.co.id | Suasana masih pagi, namun pejabat Karantina Pertanian Merauke sudah siap melakukan pengawasan alat angkut di Pelabuhan Merauke.

“Hari ini, dua kapal penumpang masuk bersamaan, yaitu KM. Tatamailau dan KM. Sirimau. Petugas dalam kondisi on-fire,” kata Irianca Jalil, pejabat Karantina Pertanian Merauke saat melakukan pengawasan, pada Selasa (4/3/2021).

Dalam pengawasan ini, didapati penumpang membawa dua ekor ayam asal Tual tanpa disertai dokumen Karantina. Ayam tersebut telah dilakukan penahanan oleh Petugas Karantina Pertanian Merauke.

Pengawasan dilakukan untuk mengantisipasi masuknya hewan, hasil bahan asal hewan, tumbuhan dan bagiannya sebagai media pembawa Hama Penyakit Hewan Karantina (HPHK) dan Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina (OPTK).

Baca :  Tekan Penyebaran Covid-19, Pegawai Karantina Merauke Laksanakan Vaksinasi

Sesuai UU No. 21 Tahun 2019 setiap media pembawa HPHK / OPTK baik hewan maupun tumbuhan wajib disertai dokumen Karantina dan dilaporkan kepada petugas Karantina daerah tujuan.

Hewan atau tumbuhan yang dilalulintaskan harus sehat dari penyakit dibuktikan dengan dokumen kesehatan Karantina dari daerah asal dan aturan lainnya.

Karenanya, sesuai dengan Keputusan Gubernur No. 158 / 2004 terkait Pemasukan Unggas dan Produknya ke Papua, maka ayam didapati tersebut dilakukan penahanan oleh pihak Karantina Pertanian Merauke.

“Untuk mencegah penyebaran penyakit Avian Influenza (AI) yang dapat merugikan peternak-peternak di Merauke,” pungkasnya.

Baca :  Pengurus LAPMI Merauke Resmi Dilantik

Reporter: M. Ikhsan
Editor: Aru Prayogi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here