Oknum RT Minta Jatah Bantuan Rutilahu, Warga Babakan Pasar Keberatan

0
Dugaan, Pungli, BOP, TK, Pamekasan
Ilustrasi Pungli

LEAD.co.id | Warga di Kampung Pada Benghar, Kelurahan Babakan Pasar, Bogor Tengah digegerkan oleh oknum pengurus RT, yang minta jatah pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) sebesar Rp.500.000.

Ramdhan salah seorang warga menjelaskan kepada LEAD.co.id, bantuan Rutilahu yang dikirim melalui rekening ini berpariatif. Mulai dari Rp. 11.000.000 hingga ada yang menerima Rp. 9.500.000.

“Memang macam-macam, tetapi hampir semua diminta oleh oknum pengurus RT sebesar Rp. 500.000 termasuk saya,” ucapnya, Sabtu, (26/9/2020).

Dirinya menjelaskan, dengan adanya pemotongan bantuan Rutilahu ini banyak warga sangat keberatan dengan kondisi saat ini.

“Barang matrial sangat mahal sekarang, terus di minta jatah untuk oknum pengurus RT yang sangat besar, kalau diberikan pasir dan semen kan lumayan,” jelanya.

Senada, Sopian yang juga diminta jatah oleh oknum RT mengaku, bantuan yang diberikan kepada keluarganya untuk Rutilahu sebesar Rp. 9.500.000 dengan ukuran 6 kali 4.

“Warga mengajukan, termasuk keluarga saya dan alhamdulillah saya mendapat bantuan juga untuk Rutilahu. Namun sangat disayangkan ada adanya pemotongan dari jumlah bantuan sebesar Rp. 500.000,” tambahnya.

Sebelumnya, dirinya Bersama warga penerima rutilahu diminta menyepakati pemotongan sebesar Rp. 500.000. Namun, sejumlah menolak dan tersepakati sejumlah Rp. 250.000. Dirinya memberikan gambaran saat sebelumnya tengah menjabat sebagai Ketua RT tidak pernah melakukan hal seperti yang dilakukan oknum saat ini.

Terpisah, Lurah Babakan Pasar, Citra Widya Lestari mengatakan, dirinya belum menerima adanya laporan mengenai pemotongan bantuan Rutilahu bagi warganya. Dirinya berserta jajarannya juga akan menelusuri kasus ini jikalau ada oknum dari staf nya juga ikut terlibat.

“Saya kaget soal permasalahan ini, nanti saya akan panggil penggurus RT. Nanti kita telusuri dan jika memang ada staf kami yang terlibat akan segera di laporkan ke pimpinan. Pasti ada sanksi khusus dari kepegawaian berupa penurunan pangkat atau golongan, bahkan jika fatal sampai pemecatan,” pungkanya.

Judul telah diubah, sebelumnya “Oknum RT Lakukan Pungli Bantuan Rutilahu, Lurah Babakan pasar; Akan Saya Telusuri dan Panggil”

Reporter : Jhonie
Editor : Aru Prayogi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here