Kembalikan Fungsi Pedestrian, Pemkot Bogor Tertibkan PKL Jalan Pengadilan hingga Dewi Sartika

0
Pendestrian, PKL, Jalan Pengadilan, Jalan Dewi Sartika
Puluhan PKL Jl Pengadilan, Bogor saat lapaknya dibongkar Satpol PP (25/01/21)

LEAD.co.id |  Puluhan Pedagang Kaki Lima (PKL) kawasan Jalan Dewi Sartika dan Jalan Pengadilan, Bogor dibongkar. Pembongkaran ini untuk menertibkan dan mengembalikan fungsi sebagai jalur pendestrian.

Pembongkaran dilakukan oleh Trantib Kecamatan, Kelurahan Pabaton dibantu puluhan anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Senin (25/1/2021). Mereka menilai, PKL sangat merugikan baik pejalan kaki maupun lembaga pendidikan yang berada sekitar wilayah tersebut.

“Sesuai Peraturan Daerah No 11 Tahun 2019 tentang penataan Dan Pemberdayaan PKL, kami menertibkan para PKL disekitar Jalan Dewi Sartika dan Jalan Pengadilan yang sudah puluhan menggunakan fasilitas umum,” ungkap Camat Bogor Tengah, Abdul Wahid kepada media saat ditemui di ruangan kerjanya.

Baca :  PKL Kota Bogor Minta Ditata, Menolak Direlokasi

Menurutnya, dilokasi tersebut tersebar lembaga pendidikan mulai Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP), dikhawatirkan akan terlihat kekumuhan dan memicu berbagai macam bau dari luar.

Dewi Mulyati selaku Koordinator PKL di Jalan pengadilan membenarkan pembongkaran yang dilakukan pihak Pemerintah Kota Bogor (Pemkot). Namun dirinya menyayangkan langkah sepihak yang diambil Pemkot Bogor ini.

Dewi mengatakan, seharusnya pemerintah bisa koordinasi terlebih dahulu dengan para koordinator PKL yang ada disini. Karena, para PKL itu bukan asal jualan begitu saja, harus lihat lokasi dahulu.

Baca :  Lapak PKL hingga Posko Ormas Dibongkar Aparat Gabungan

“Jadi gak bisa langsung eksekusi seperti ini, karena banyak PKL disini yang sudah berjualan sejak tahun 2004,” sebut Dewi.

Dirinya juga mengungkapkan, dulu sudah ada penertiban tahun 2014, tapi eksekusinya tidak seperti ini. Oleh karena itu, pihaknya ingin ada koordinasi terlebih dahulu sebelum melakukan penertiban.

“Pada dasarnya kami disini ingin tetap berjualan, aturan seperti kami akan ikuti, asal dengan jalur koordinasi terlebih dahulu,” tutup Dewi yang membawahi sekitar 16 sampai 20 PKL.

Sementara, Menurut Camat Bogor Tengah, imbauan serta peringatan sudah jauh-jauh hari dilakukan. Para PKL yang ditertibkan nantinya akan direlokasi ke Blok A, B dan C Pasar Kebon Kembang Perumda Pasar Pakuan Jaya (PPJ).

Baca :  Rapat Bersama, DPRD Resmi Tolak Relokasi PKL

“Melalui kesepakatan dengan pihak PD Pasar, rencananya para PKL yang ditertibkan hari ini akan direlokasi ke Blok A, B dan C dengan melibatkan semua pihak tentunya,” tambahnya.

Dia juga mengungkapkan bahwa, para PKL tersebut justru bukan asli warga Bogor, tetapi banyak diisi oleh para pendatang atau perantauan. Bahkan dirinya menduga ada permainan oknum dengan adanya jual beli lapak.

“Diduga ada jual beli lapak dilokasi tersebut yang kita tertibkan hari ini, dengan dasar itulah kita akan segera kembalikan fungsinya.

Reporter : Sally Sumeke
Editor : Aru Prayogi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here